Tempat berbahaya

Tempat berbahaya

Diposting pada

Terdapat beberapa tempat wisata Dieng yang harus diwaspadai oleh wisatawan karena cukup berbahaya. Hasil dari aktivitas vulkanik Dieng yang terjadi bertahun-tahun silam, menciptakan beberapa kawasan kawah dengan kondisi kandungan zat yang berbeda-beda. Berikut wisata di Dieng yang cukup berbahaya bagi wisatawan:

Kawah Timbang

Kawah timbang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini menyimpan kandungan zat CO2 yang sangat tinggi. Setiap waktu, Kawah Timbang mengeluarkan gas beracun. Aktivitasnya pernah mengalami peningkatan pada tahun 2011 dan 2013. Sangat berbahaya apabila terhirup oleh manusia. Hewan dan tanaman yang berada dekat kawah timbangpun tidak bisa bertahan hidup.

Kawah Sileri

Kawah Sileri terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini dikenal sebagai kawah terganas yang ada di Dataran Tinggi Dieng karena pernah menewaskan 114 orang akibat letusan dan gempa bumi pada tahun 1944. Pada tahun 1964 dan 2003 Kawah Sileri juga meletus dan mengeluarkan lumpur panas.

Baca selengkapnya: Kawah Sileri

Kawah dengan aktivitas vulkanik yang paling aktif ini cukup berbahaya. Permukaan airnya terus mengeluarkan asap berwarna putih dan pernah meletus beberapa kali. Akan tetapi, saat ini Kawah Sileri terkadang dikunjungi oleh wisatawan dan tidak ada tiket masuknya. Namun sebaiknya wisatawan perlu berhati-hati dan waspada, serta tidak perlu terlalu dekat dengan kawah.

Kawah Sinila

Kawah Sinila terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Pada tahun 1979, Kawah Sinila mengeluarkan hembusan gas beracun CO2 yang menewaskan 149 orang.

Baca selengkapnya: Kawah Sinila

Beberapa kawah di atas merupakan kawah yang cukup berbahaya. Wisatawan harus berada dalam pengawasan orang dewasa apabila ingin berkunjung ke kawah yang diizinkan. Namun, untuk Kawah Timbang apabila tidak ada keperluan penelitian atau tanpa pengawasan ahli, wisatawan tidak boleh mengunjunginya.

Tinggalkan Balasan