Macam macam bunga cantik yang ada di Dieng

Macam macam bunga cantik yang ada di Dieng

Diposting pada

Dieng memiliki udara yang sejuk serta tanah yang subur tentu sangat cocok sebagai tempat budidaya bunga. Ada beberapa jenis bunga unggulan yang bisa tumbuh dengan baik di Dieng bahkan warna bunganya menjadi sangat bagus dan cerah.

Sebagian bunga-bunga di Dieng tumbuh secara liar

Sebagian bunga-bunga di Dieng tumbuh secara liar dan ada juga yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat, baik untuk pemanis halaman rumah ataupun untuk kepentingan bisnis sebagai contoh bisnis bunga potong dan bunga hias.

sederet bunga yang tumbuh di Dieng

Di bawah ini sederet bunga yang tumbuh di Dieng Plateau lengkap dengan penjelasannya.

Bunga Kala lili

Bunga Kala lili merupakan bunga berkelopak tunggal dan bertangkai panjang. Tidak hanya sebagai pemanis halaman rumah, bunga ini kini menjadi ladang bisnis oleh masyarakat lokal Dieng bahkan di budidayakan dilahan luas.

Bunga yang berspesies Zantedeschia Aethiopicha yang tumbuh di Dieng memiliki warna -warna yang cantik seperti putih, kuning, pink, merah dan ungu.

Bunga Daisy

Bunga Daisy

Bunga Daisy tentu terdengar tidak asing untuk sebagian orang yang pernah mendaki Gunung Prau karena hampir sebagian besar puncak Gunung Prau di tumbuhi bunga cantik berpostur mini ini.

Bunga Daisy adalah tumbuhan semak yang memiliki bunga berwarna putih dan merah muda. Bunga Daisy yang tumbuh di Dieng berukuran kecil dan bunganya mekar sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Bunga Dandelion

Bunga Dandelion

Bunga Dandelion merupakan bunga yang banyak ditemukan di Benua Eropa namun kini telah menjamur kesegala penjuru wilayah termasuk di Dieng Plateau. Bunga berwarna kuning yang memiliki kelopak kecil memanjang ini bisa ditemukan di area Candi Arjuna.

Bunga Edelweis

Bunga Edelweis

Anaphalis Javanica adalah nama ilmiah dari Bunga Edelweis yang sering kita temukan di dataran tinggi atau pegunungan. Di Dieng sendiri Bunga Edelweis bisa dijumpai di Gunung Prau, Sikunir, Pakuwojo, Bismo dan pegunungan lain disekitarnya.

Bunga Edelweis juga sering disebut bunga abadi karena tidak akan layu hingga bertahun-tahun setelah di petik oleh sebab itu banyak yang mencari bunga edelweis sebagai koleksi dan sekarang dikategorikan sebagai bunga langka bahkan menjadi flora yang dilindungi di Indonesia.

Bunga Terompet

Bunga Terompet
Bunga Terompet banyak tumbuh di tepi jalan raya dan di area wisata

Bunga Terompet atau kebanyakan orang menyebutnya dengan bunga lonceng dapat dengan mudah dijumpai di Dieng. Bunga Terompet banyak tumbuh di tepi jalan raya dan di area tempat wisata Dieng.

Bunga Terompet memiliki beberapa jenis warna diantaranya adalah sebagai berikut: bunga terompet putih, bunga terompet kuning dan bunga terompet merah muda. Tidak ada waktu khusus untuk menanti bunga Terompet bermekaran karena bunganya mekar sepanjang musim.

Bunga Hortensia

Bunga Hortensia

Bunga Hortensia yang memiliki nama ilmiah Hidrangea merupakan salah satu bunga yang bisa tumbuh dengan baik di Dieng. Bunga ini memiliki daun lebar dengan warna bunga yang beranekaragam seperti putih, hijau, biru dan ungu.

Bunga Hortensia merupakan bunga majemuk yang membententuk rangkaian bulat seperti sanggul dan berukuran besar. Bunga ini memiliki ketinggian 1 meter hingga 3 meter.

Bunga Hortensia banyak dijumpai di halaman rumah, tepi jalan serta di objek wisata Dieng diantaranya di Telaga Warna, Museum Kailasa, Komplek Candi Arjuna, Dieng Plateau Theater dan di Wana Wisata Petak 9.

Tinggalkan Balasan