Wikipedieng Travel

Wikipedieng Travel

Paket wisata Dieng murah
Harga mulai dari Rp150.000

Wikipedieng Travel menyediakan paket tour Dieng murah dengan keberangkatan setiap hari dari seluruh area di Jogja dan Jawa Tengah. Dengan trip ini bepergian ke Dieng menjadi terjangkau bagi turis domestik.


Pilihan paket wisata murah


Rute trip ke Dieng


Apa itu paket wisata Dieng?

Paket wisata Dieng Paket wisata Dieng adalah produk perjalanan ke Dieng yang dikemas melalui satu layanan lengkap, yang mencangkup transportasi, penginapan, kebutuhan makan, tiket wisata Dieng, pemandu wisata dan aktivitas wisata selama di Dieng Plateau. Paket tour disediakan oleh agen travel atau biro perjalanan yang telah mengenal destinasi wisata setempat. Paket ke Dieng sendiri memiliki pilihan durasi perjalanan satu sampai tiga hari, karena untuk mengunjungi semua tempat wisata Dieng membutuhkan waktu paling tidak tiga hari.

Paket wisata ke Dieng merupakan sebuah rangkaian perjalanan untuk mengunjungi wisata dan cagar budaya Dieng yang kaya peninggalan candi-candi masa lalu dan lahan pertanian yang subur. Dataran tinggi Dieng berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, berhawa dingin dan memiliki pesona alam yang indah. Dieng menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah ini banyak ditemukan candi-candi yang dibangun zaman Sanjaya sekitar pertengahan abad kedelapan.

wisata di Dieng Keberadaan jasa paket wisata di kawasan Dieng sebagian besar dikelola oleh penduduk setempat, mereka terdiri dari lokal guide yang sudah bergabung dalam himpunan pramuwisata dan biro wisata. Mulai dari tahun 2012 paket tour Dieng sudah banyak diminati wisatawan karena belum ada akses transportasi umum yang menjangkau sampai lokasi wisata. Selain paket wisata lokal, agen perjalanan dari luar kota seperti Jakarta menawarkan paket open trip Dieng. Program ini merupakan liburan gabungan yang banyak diminati dari kalangan remaja.

Industri pariwisata di Dieng mengalami puncak kejayaan dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi destinasi di Dieng, mulai dari tahun 2012-2019 setiap akhir pekan banyak kendaraan dari luar kota memadati ruas jalan Dieng terutama dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Pada puncak liburan tahun-tahun tersebut wisatawan sering kekurangan jasa pemandu wisata lokal dan homestay di Dieng.

Dengan adanya usaha paket wisata tersebut memberikan dampak positif untuk wisatawan, masyarakat sekitar Dieng dan pemerintah. Wisatawan akan merasakan kemudahan perjalanan ke Dieng, sedangkan bagi masyarakat setempat dapat meningkatkan taraf ekonomi dan menambah pendapatan untuk pemerintah daerah.

Manfaat

Salah satu manfaat mengikuti paket wisata adalah tidak perlu lagi mencari semua keperluan akomodasi sendiri, karena semuanya telah disiapkan oleh pihak travel. Selain itu rencana perjalanan disusun sesuai permintaan tamu sehingga liburan ke Dieng lebih nyaman dan praktis, manfaat lain yang akan didapatkan antara lain:

  1. Kelebihan paket wisata tidak digabung dengan pelanggan lain dalam satu mobil.
  2. Bisa memilih tempat wisata sendiri atau sesuai dengan kesepakatan pihak travel.
  3. Dapat menikmati wisata semaksimal mungkin dengan panduan rencana perjalanan yang sudah ada, sehingga waktu liburan lebih efisien.
  4. Melakukan pembayaran sekali untuk mendapatkan semua layanan paket wisata lengkap, seperti: mobil, penginapan, pemandu wisata, tiket dan makan.
  5. Jadwal perjalanan sesuai permintaan tamu, dengan penjemputan dari luar kota yang memiliki akses stasiun atau bandara misalnya: Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Surakarta, Jakarta, dll.

Jenis paket wisata

Paket tour ke Dieng sendiri memiliki dua jenis produk pelayanan, yaitu:

  1. Perjalanan pribadi
    • Sering disebut private tour (Tanggal belum ditentukan, tidak ada minimal keberangkatan dan tamu yang menentukan tanggal perjalanan)
  2. Perjalanan terbuka
    • Sering disebut open trip (Tanggal dan tempat berkumpul sebelum berangkat sudah ditentukan pihak travel. Tur wisata ini ada minimal keberangkatan)

Durasi

Durasi perjalanan merupakan berapa lama liburan di Dieng, yang sering digunakan turis adalah program wisata 1 – 3 hari.

  1. Paket wisata Dieng 1 hari (Tidak menginap. 5-7 tempat wisata yang dapat dikunjungi dalam sehari)
  2. Paket wisata Dieng 2 hari 1 malam (Menginap satu malam dengan 10-11 tujuan wisata, termasuk melihat matahari terbit)
  3. Paket wisata Dieng 3 hari 2 malam (Program menginap dua malam di Dieng, Lebih dari 15 destinasi wisata yang dapat dikunjungi)

Kegiatan

Pilihan kegiatan wisata ke Dieng

  1. Outbound
  2. Acara outing
  3. Liburan keluarga
  4. Bulan madu
  5. Study tour
  6. Wisata rombongan
  7. Family gathering

Wisata minat khusus

Contoh paket wisata minat khusus yang ada di Dieng

paket minat khusus rafting serayu
  1. Paket wisata Dieng Culture Festival (Paket wisata ini untuk melihat pesta rakyat yang ada di Dieng dengan puncak acara ruwatan cukur rambut gimbal. Paket dcf dapat diikuti setahun sekali, umumnya pada bulan Agustus)
  2. Paket berkemah (Telaga Cebong merupakan tempat yang aman untuk kegiatan berkemah, letaknya berada di kaki Bukit Sikunir)
  3. Arung jeram (Arung jeram terdekat dengan Dieng di Sungai Serayu
  4. Mendaki gunung (Gunung Prau, Pakuwojo, dan Bismo merupakan tujuan pendakian yang ada di kawasan Dieng)
  5. Paket offroad (Salah satu jalur paket offroad yang populer adalah di Telaga Dringo, Telaga Merdada dan Air Terjun Sikarim)

Destinasi paket wisata

Kriteria destinasi paket wisata ke Dieng adalah sebuah tempat yang aman untuk dikunjungi serta memiliki daya pikat untuk wisatawan, berikut daftarnya:

Telaga WarnaCandi Arjuna
Kawah SikidangBatu Ratapan Angin
Dieng TheaterMuseum Kailasa
Bukit SikunirBukit Sidengkeng
Tuk Bima LukarGardu Pandang Tieng
Telaga MenjerPemandian Air Panas
Jembatan KacaTelaga Sewiwi
Telaga MerdadaSumur Jalatunda
Padang SavanaGunung Prau
Bukit ScooterLembah Seroja

Sebagian tempat wisata tidak cocok untuk balita dan lansia seperti pendakian gunung dan aktivitas yang banyak melakukan jalan kaki, untuk itu konsultasikan kepada pihak penyedia sebelum melakukan perjalanan ke Dieng.

Rencana perjalanan

Contoh itinerary Dieng selama 2 hari 1 malam, dari Wonosobo: (11 tempat wisata)

Hari pertama

tour dieng hari pertama Peserta kegiatan tiba di Kota Wonosobo jam 06.00 pagi, kemudian transit di rest area terdekat untuk istirahat. Sebelum memulai perjalanan ke Dieng, peserta akan diajak menikmati sarapan pagi di lokal restoran. Kemudian memulai tur ke Dieng, jarak Kota Wonosobo ke Dieng sendiri 27 km atau dapat ditempuh hampir satu jam perjalanan. Sebelum tiba di Dieng tepatnya di Km 21 pengunjung bisa menikmati destinasi Gardu Pandang Tieng, lokasinya dekat dengan Jembatan kaca / Batu Angkruk. Kunjungan wisata ditempat ini bisa sampai satu jam atau lebih.

candi dieng Berikutnya adalah mengunjungi Komplek Candi Dieng untuk melihat peninggalan sejarah yang ada di Dieng dan wisata ke Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik. Kedua tempat wisata ini masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan sudah menerapkan electronic ticketing. Agar perjalanan lebih efektif dan bisa mengunjungi tempat wisata lain maka durasi disetiap objek wisata rata-rata 1 jam karena trip kali ini berdurasi 2 hari 1 malam.

batu pandang Kemudian makan siang di Dieng dan istirahat. Tujuan berikutnya adalah mengunjungi Batu Pandang atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Ratapan Angin, dari tempat wisata ini pengunjung bisa melihat Telaga Warna dan Pengilon dari ketinggian, pemandangannya sangat berkesan sebagai ciri khas topografi yang ada di Dieng karena pengunjung bisa melihat bentuk lingkungan alam pada ketinggian lebih leluasa. Sebagai penutup, sore hari peserta paket tour bisa melihat audio visual selama 23 menit yang menceritakan gambaran Dieng secara lengkap, lokasinya di Dieng Plateau Theater tidak jauh dari Batu Pandang. Kemudian menuju ke penginapan untuk istirahat. Agar mudah dipahami rencana perjalanan pada hari pertama sebagai berikut:

  • 06.00-07.30: Tiba di Wonosobo, sarapan
  • 07.30-08.15: Perjalanan ke Gardu Pandang
  • 08.15-10.30: Gardu Pandang Tieng dan Jembatan Kaca
  • 10.30-13.00: Komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang
  • 13.00-14.00: Istirahat, makan siang
  • 14.00-17.00: Batu Ratapan Angin dan Dieng Theater
  • 17.00-20.00: Check-in, makan malam, acara bebas
  • 20.00-03.00: Istirahat
Hari kedua

bukit sikunir Perjalanan ke Gunung Sikunir dari Dieng akan dimulai dari jam 03.00 pagi, jadi peserta harus sudah mempersiapkan diri. Bukit Sikunir sendiri terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo lokasinya 9 km dari Dieng. Matahari terbit di Sikunir terkenal indah sering dijuluki dengan sebutan Golden Sunrise, pengunjung perlu jalan kaki dari area parkir sampai puncak sekitar 800 meter sedangkan di kaki bukit ada sebuah danau alam yang bernama Telaga Cebong, bentuknya mirip seperti anakan katak itulah mengapa dinamai Telaga Cebong. Waktu terbitnya matahari setiap saat berbeda, kadang jam 05.00 sudah mulai tampak, kadang jam 05.10 matahari baru mucul, yang perlu dipersiapkan ketika sampai puncak Sikunir adalah jangan sampai terlambat dan selalu memantau jam terbit matahari dengan menggunakan aplikasi populer yang sudah ada.

telaga warna Jadwal trip ke Bukit Sikunir dan Telaga Cebong sampai dengan jam 07.00 pagi, kemudian dilanjutkan dengan acara sarapan di Dieng. Tujuan wisata berikutnya adalah Telaga Warna, Telaga Pengilon dan Gua-gua di Dieng. Lokasi tempat wisata ini berada di satu komplek dan dapat dikunjungi secara bersamaan. Keunggulan Telaga Warna adalah memiliki warna warni pada air telaga, perubahan warna ini disebabkan oleh pantulan cahaya matahari, sedangkan telaga Pengilon yang terletak disebelahnya memiliki air yang jernih akan tetapi jika dilihat dari kejauhan tampak berwarna kecoklatan.

telaga menjer Kunjungan wisata di Telaga Warna sampai dengan jam 10.00, kemudian peserta paket tour kembali ke penginapan untuk mandi, istirahat dan berkemas. Destinasi terakhir adalah Telaga Menjer, dari Dieng turun ke arah Wonosobo kemudian sampai di pertigaan pos Kejajar belok kanan. Kondisi jalan kecil akan tetapi sudah beraspal. Wisata di Telaga Menjer sampai dengan jam 12.00 siang, kemudian peserta akan diajak belanja di pusat oleh-oleh khas. Sebagai penutup acara tour Dieng peserta akan disuguhi menikmati kuliner khas kota Wonosobo, yaitu mie ongklok. Rangkuman perjalanan pada hari kedua sebagai berikut:

  • 03.00-07.00: Sikunir dan Telaga Cebong
  • 07.00-08.00: Istirahat sarapan
  • 08.00-10.00: Telaga Warna, Telaga pengilon, Gua alam
  • 10.00-10.30: Check out dari homestay
  • 10.30.12.00: Telaga Menjer
  • 12.00-14.00: Istirahat, belanja oleh-oleh, kuliner khas

Perlengkapan pribadi

Perlengkapan pribadi yang dibawa saat mengikuti kegiatan tour ke Dieng:

  1. Jaket atau switer
  2. Jenis celana dan baju yang cocok untuk ke Gunung
  3. Sepatu dan sandal gunung
  4. Penutup kepala, kaos tangan, masker
  5. Obat-obatan pribadi
  6. Uang tunai secukupnya
  7. Tisu Sanitasi
  8. Universal Adaptor
  9. Headphone
  10. Kamera

Tips memilih travel

  1. Menggunakan travel agen berizin resmi yang sudah terdaftar untuk mendukung perjalanan ke Dieng.
  2. Memilih metode pembayaran yang aman, contohnya bisa melakukan pembayaran ditempat, rekening bersama atau rekening pembayaran usaha atas nama perusahaan.
  3. Cek lokasi kantor, jika perlu melakukan survei terlebih dahulu.
  4. Konsultasikan biaya perjalanan, fasilitas yang akan diperoleh dan contoh rencana perjalanan.
  5. Memahami dengan teliti ketentuan dan syarat setiap mendapatkan penawaran perjalanan.

Perjalanan murah

Berikut adalah rahasia yang harus diketahui oleh setiap pelancong dengan anggaran terbatas:

  1. Bepergian di luar musim liburan
  2. Membawa kendaraan sendiri dari rumah
  3. Mencari rute terpendek untuk menghemat bahan bakar
  4. Menginap di homestay
  5. Mencari rumah makan prasmanan