Gambar Dieng - Kumpulan keindahan foto-foto alam Dieng

Gambar Dieng

Diposting pada

Ini merupakan koleksi gambar / foto asli wisata Dieng dari Wikipedieng. Pengambilan gambar di bawah ini mulai dari tahun 2014. Jika Anda ingin menggunakan gambar yang ada situs web Wikipedieng silakan melakukan izin secara tertulis.

Gambar Candi

Gambar Candi Arjuna Dieng
Keterangan Gambar: Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna Dieng terletak di dataran tinggi Dieng pada ketinggian 2.000 Meter di atas permukaan laut. Secara administratif, kawasan Candi Dieng berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Foto Candi Arjuna Saat Pagi hari
Foto Candi Arjuna saat pagi hari

Dengan nuansa sejarah yang dipadu pepohonan, tanaman, dan bunga-bunga di sekelilingnya menjadikan komplek Candi Dieng asri, teduh, dan menenangkan. Sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan apabila berkunjung ke Dieng.

Candi Dwarawati Dieng
Gambar Candi Dwarawati Dieng

Tidak lengkap berkunjung ke Dieng apabila wisatawan belum mejejakkan kakinya di kawasan Candi Dieng. Karena selain berwisata, para wisatawan juga dapat mempelajari sejarah dan peradaban masa lampau melalui peninggalan-peninggalan sejarah berupa candi yang masih tersisa.

Gambar Telaga

Gambar Telaga Warna Dieng
Gambar Telaga Warna Dieng

Telaga Warna merupakan salah satu danau alami di kawasan Dataran Tinggi Dieng yang terbentuk akibat letusan vulkanik di pegunungan sekitarnya. Telaga ini sudah sangat dikenal di kalangan wisatawan.

Keunikan Telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna airnya yang kerap berubah-ubah, kadang berwarna biru, hijau, cokelat, putih, dan lembayung.

Fenomena tersebut disebabkan oleh mineral yang dikandungnya seperti sulfur yang cukup tinggi dan pantulan sinar matahari sehingga memberikan efek warna warni pada air Telaga Warna.

Gambar Bukit Sidengkeng Dieng
Gambar Bukit Sidengkeng Dieng

Melihat Telaga Warna dari Bukit Sidengkeng dapat menambah pesona keelokan alamnya. Pohon-pohon rindang berdiri kokoh mengelilingi telaga ini, sehingga menambah nuansa alam dengan udara sejuk, segar dan memanjakan mata.

Untuk melihat perubahan warna yang dipantulkan oleh Telaga Warna, kita tidak bisa serta merta langsung menemukannya karena warna-warna tersebut akan nampak tergantung pada cuaca, sudut pandang, dan jarak pandang kita.

Gambar Telaga Pengilon Dieng
Gambar Telaga Pengilon Dieng

Tidak jauh dari Telaga Warna terdapat objek wisata alam Telaga Pengilon yang masih satu kompleks dan keduanya ada yang menyebut kembar.

Telaga Pengilon karena jernihnya air akibat kandungan sulfur yang sangat rendah sehingga telaga tersebut sehingga nampak seperti cermin (pengilon dalam Bahasa Jawa berarti “cermin”).

Daerah tangkapan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dijadikan sumber irigrasi oleh penduduk sekitar untuk mengembangkan budidaya tanaman kentang.

Gambar Sunrise

Gambar Sunrise di Bukit Sikunir dengan lautan awan
Gambar Sunrise di Bukit Sikunir dengan lautan awan

Matahari terbit adalah salah satu karya Tuhan yang membuat wisatawan ingin memiliki kesempatan mendapati dirinya berada pada puncak Sikunir.

Harga tiket wisata Bukit Sikunir adalah Rp20.000, pengunjung perlu datang jam 03.00 dari Dieng untuk menikmati fenomena alam ini.

Di puncak Sikunir, kita dapat menyaksikan matahari terbit yang menampakkan diri dengan warna jingga keemasannya menyinari deretan gunung-gunung yang berdiri gagah di antara hamparan kabut dan awan.

Hal inilah yang menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke bukit Sikunir, yaitu untuk memburu golden sunrisenya yang disebut sebagai sunrise terindah di Asia Tenggara.

Detik-detik matahari terbit dari puncak Sikunir
Detik-detik matahari terbit dari puncak Sikunir

Pada saat matahari mulai menampakkan diri, maka suara jepretan kamera ramai terdengar dari wisatawan yang ingin mengabadikan gambar detik-detik munculnya golden sunrise terindah tersebut.

Matahari yang mulai menampakkan diri sangat berkawan dengan pecinta fotografi dan membawa kita pada decak kagum akan pesona alam dari bukit yang berada di negeri atas awan ini.

Gambar Lainnya

Savana

Padang Savana Dieng
Padang Savana Dieng
  1. Gambar Padang Savana Dieng
  2. Pengambilan foto: 2014:09:10 09:52:21
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Dieng Bersalju

Gambar Dieng Bersalju
Keterangan: Gambar Candi Dieng Bersalju
  1. Gambar Dieng Bersalju
  2. Pengambilan foto: 2014:09:09 19:11:44
  3. Kamera: FinePix HS10 HS11

Lautan Awan

Gambar Dieng diselimuti awan
Gambar Dieng diselimuti awan
  1. Gambar: Dieng Negeri di atas awan
  2. Pengambilan foto: 2014:07:23 06:34:06
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Panen Kentang

Panen Kentang Dieng
Panen Kentang Dieng
  1. Gambar: Panen kentang Dieng
  2. Pengambilan foto: 2014:09:01 07:53:13
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Batu Pandang

Batu Ratapan Angin
Batu Ratapan Angin
  1. Gambar: Batu Ratapan Angin
  2. Pengambilan foto: 2015:09:08 09:49:35
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Desa Tieng

Desa Tieng, Kejajar
Desa Tieng, Kejajar
  1. Gambar: Desa Tieng
  2. Pengambilan foto: 2014:09:13 11:05:15
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Telaga Dringo

Telaga Dringo, Dieng
Telaga Dringo, Dieng
  1. Gambar: Telaga Dringo Dieng
  2. Pengambilan foto: 2014:08:19 09:32:35
  3. Kamera: Canon EOS 70D

Tips

Dieng memiliki keindahan alam yang langka, tempat wisata Dieng yang terletak di Jawa Tengah ini menjadi spot foto populer untuk pecinta fotografer alam.

Dengan berkunjung ke Dieng hobi foto Anda bisa disalurkan khususnya untuk gambar-gambar landscape atau pemandangan alam Dieng.

Ketahui tips mengambil foto di Dieng agar lebih maksimal:

  1. Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan pemotretan, dengan catatan cuaca cerah.
  2. Pilih saat musim kemarau, sekitar bulan Juli-September. Baca juga: Panduan wisata ke Dieng.
  3. Gunakan lensa wide agar pengambilan gambar alam semakin maksimal
  4. Mengambil moment yang pas, tidak musim liburan agar tidak terganggu dengan pengunjung lain.
  5. Spot foto yang paling direkomendasikan: Batu Ratapan Angin, Bukit Sikunir, Telaga Dringo, Lembah Semurup, Gunung Prau Dieng, Gardu Pandang, Bukit Sidengkeng.
  6. Gunakan bantuan pemandu wisata Dieng untuk menunjukan lokasi terbaik yang ada di Dieng Plateau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *