Transportasi ke Dieng dari Yogyakarta

Transportasi ke Dieng dari Yogyakarta

Diposting pada

Banyak wisatawan yang berasal dari kota pelajar Yogyakarta ingin pergi ke Dieng namun masih terkendala dengan minimnya informasi transportasi umum. Dengan panduan singkat ini, diharapkan wisatawan bisa menggunakan berbagai alternatif cara termudah pergi ke Dieng.

Jarak tempuh dari Yogyakarta ke Dieng sendiri berkisar sejauh 116 km selama kurang lebih 4 jam. Jarak ini cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bagaimana cara ke Dieng dari Jogja?

Menggunakan kendaraan pribadi

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Dieng menggunakan motor atau mobil pribadi, pastikan beberapa tips berikut :

Memanfaatkan Google Maps

Terdapat banyak pilihan rute yang dapat dilalui untuk sampai ke Dieng dari Yogyakarta. Untuk yang belum paham jalanan, bisa menggunakan alat bantu modern google maps sebagai penunjuk arah.

Berangkat pagi hari

Suhu udara di Dieng cukup dingin, sehingga berangkat pagi akan membawa kalian untuk sampai di Dieng siang hari. Hindari untuk sampai ke Dieng sore atau malam hari, karena selain udara yang berhembus dingin juga biasanya terdapat kabut yang akan menghalangi jarak pandang. Terlebih jalanan Dieng cukup menanjak dan berkelok dengan minim penerangan.

Kendaraan dalam keadaan prima

Sebelum keberangkatan, usahakan untuk selalu mengecek kendaraan terlebih dahulu. Keadaan kendaraan yang prima bisa membantu melewati rute perjalanan yang naik turun dan berkelok dengan lancar.

Rute Jogja ke Dieng

Rute yang biasa digunakan oleh para wisatawan asal Yogyakarta yaitu:

  1. Rute 1: Jogja – ┬áMagelang – Secang – Pringsurat – Wonosobo – Dieng
  2. Rute 2: Yogyakarta – Muntilan – Borobudur – Salaman – Slento – Kepil – Sapuran – Kertek – Wonosobo – Dieng

Menggunakan transportasi umum

Untuk Anda yang memilih menggunakan transportasi umum, bus dan travel siap mengantarkan sampai kota Wonosobo.

Sesampainya di Wonosobo, kalian bisa mecari mikro bus jurusan Dieng untuk melanjutkan perjalanan selama kurang lebih satu jam.

Salah satu pilihan transportasi menggunakan bus, Anda bisa pergi ke terminal Jombor dan naik bus jurusan Magelang.

Sesampainya di Magelang, carilah bus jurusan Wonosobo. Terakhir, lanjutkan perjalanan Anda menggunakan mikro bus jurusan Dieng.

Tarif yang biasa dikenakan untuk bus dari Joga – Magelang hanya berkisar Rp. 5000 dan tarif bus Magelang – Wonosobo berkisar Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000. Untuk tarif mikro bus jurusan Dieng berkisar Rp. 15.000.

Apabila Anda memilih menggunakan travel, tarif Yogyakarta – Wonosobo kisaran Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000. Kemudian dilanjutkan dengan mikro bus jurusan Dieng dengan terif berkisar Rp. 16.000.

Menggunakan paket tour

Bagi Anda yang memilih jalan praktis, bisa menggunakan jasa paket wisata Dieng dari Jogja atau open trip. Harga open trip Dieng dari Yogyakarta cukup bervariasi, mulai dari Rp600.000 selama 2 hari 1 malam.

Tinggalkan Balasan