Travelling Ala Backpacker ke Dieng (Lengkap)

Travelling Ala Backpacker ke Dieng (Lengkap)

Diposting pada

Travelling ala backpacker ke Dieng adalah cara menarik wisatawan menikmati wisata Dieng. Backpacker ke Dieng bukan hanya karena ingin hemat biaya tapi juga ada yang wisatawan memang senang dengan cara wisata beransel, katanya bisa lebih mendalami suatu daerah yang akan mereka kunjungi dan juga menambah pengalaman perjalanan ke Dieng.

Backpacker ke Dieng dari Jakarta

Backpacker ke Dieng dari Jakarta adalah cara unik dan menarik travelling ke Dieng. Selain biaya hemat, kamu bisa tau lebih dalam budaya masyarakat Dieng serta pengalaman perjalanan nan amat asyik. So don’t worry.

Pertama yang harus disiapkan sebelum backpacker ke Dieng dari Jakarta adalah mencari tau bagaimana bisa sampai ke Dieng seperti menentukan transportasi yang tepat.

Baca juga: Bagaimana cara ke Dieng dari Jakarta?

Ada banyak pilihan transportasi yang tepat untuk backpacker ke Dieng dari Jakarta sebagai contoh bisa menggunakan bus umum dari Jakarta atau bisa juga naik kereta dari Jakarta.

Selain transportasi ke Dieng dari Jakarta, persiapan selanjutnya ialah memikirkan atau mencari tau apa yang bisa dilakukan di Dieng serta mencari akomodasi lain seperti homestay Dieng.

Nah, pertama yang akan dibahas sebagai panduan backpacker ke Dieng ialah masalah transportasi.

Transportasi sangatlah penting karena menunjang bagaimana kami ngebackpacker dari Jakarta sampai ke Dieng.

Ada 2 cara backpacker ke Dieng yaitu backpacker ke Dieng dari Jakarta naik Bus dan naik kereta.

Ayo pilih yang mana? Simak artikel selanjutnya ya.

Naik Bus

Backpacker ke Dieng dari Jakarta dengan naik bus banyak digandrungi wisatawan dari kalangan pelajar. Tapi jangan salah akhir-akhir ini kalangan pekerja yang hoby jalan-jalan juga suka dengan cara ini.

Selain biaya yang dikeluarkan hemat dan juga sangat ramah dikantong ya, jadi bisa untuk uang jajan saat piknik sisanya.

Nah, sebelum berangkat ke Dieng backpacker perlu diketahui bus mana saja yang bisa Anda kendaraan dari Jakarta menuju Wonosobo.

Kok bukan bus Jakarta Dieng ya kak? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Dieng merupakan sebuah desa yang tidak memiliki terminal bus antar provinsi yang ada terminal bus antar provinsi ialah Wonosobo dan Banjarnegara.

Mengapa memilih terminal Wonosobo karena lebih dekat dengan Dieng dengan akses yang mudah dijangkau oleh siapa saja yang ingin backpackeran ke Dieng dari Jakarta naik bus umum.

Nama terminal Wonosobo adalah terminal Mandala. Sudah jelas bukan?

Agar lancer backpacker ke Dieng dari Jakarta yang perlu diketahui sebagai tambahan informasi adalah PO bus yang melayani jurusan Jakarta – Wonosobo, tarif serta apa yang harus dilakukan ketika tiba di Wonosobo dan ingin menuju ke Dieng.

Daftar PO Bus Jakarta-Wonosobo

Nama Bus Jakarta WonosoboTarif per orang
Bus Sinar JayaRp80.000 – Rp 120.000
Bus Dieng IndahRp140.000
Bus DMIRp120.000
Bus Pahala KencanaRp120.000
Bus Rosalia IndahRp130.000
Barangkali tarifnya sudah berubah, Anda perlu cek di agen bus terdekat

Saat tiba di Wonosobo

Saat sudah naik bus di atas dari Jakarta menuju Wonosobo pasti Anda bingung harus turun dimana dan apa yang seharusnya dilakukan saat tiba ditempat tujuan atau pemberhentian bus.

Perlu di ketahui Wonosobo adalah kota kecil yang aman, rapi dan indah jadi jangan khawatir ya.

Saat tiba di Wonosobo Anda bisa turun di tempat pemberhentian bus terakhir yaitu Terminal Mandala dan bisa juga turun sebelum terminal yakni di Taman Plasa Wonosobo (berada di pusat kota Wonosobo yang dilalui Bus Jakarta-Wonosobo.

Direkomendasikan turun di Taman Plasa Wonosobo karena jika turun di Terminal Mandala makan akan balik lagi ke kota menuju terminal Bus Dieng.

Untuk wisatawan backpacker ke Dieng direkomendasikan mengambil jadwal keberangkatan bus dari Jakarta malam atau sore hari sehingga tiba di Wonosobo pagi hari dan bisa lanjut jalan-jalan.

Setibanya di Taman Plasa Wonosobo Anda akan ditawari bapak-bapak ojek yang siap mengantarkan Anda menuju terminal bus Wonosobo-Dieng.

Bila masih terlalu pagi Anda bisa santai sejenak minum kopi atau sarapan di warung tenda sekitaran taman plasa sambil menyegarkan badan setelah menikmati perjalanan panjang.

Jenis angkutan umum dari Wonosobo Dieng ialah sejenis mini bus atau penduduk setempat menamai mikro bus Dieng.

Mikro bus Dieng ini beroperasi mulai dari pukul 05.00 pagi hingga 06.00 sore hari jadi tidak 24 jam seperti bus Jakarta-Wonosobo.

Tarif Mikro bus Wonosobo-Dieng hanya Rp25.000 / orang.

Jadi pulang pergi Wonosobo-Dieng menghabiskan dana Rp50.000/orang. Sungguh terjangkau bukan.

Jalan kaki atau naik ojek

Setibanya di Dieng, langkah yang harus kalian lakukan yaitu berjalan kaki atau naik ojek karena mikro bus Dieng tidak melewati obyek wisata yang ada di Dieng Plateau.

Apa salahnya jika mencoba untuk berjalan kaki, ini sangat cocok untuk kami yang suka hiking sambil menikmati udara sejuk pegunungan terhampar pegunungan indah seluas memandang.

Wah apalagi bersama pasangan atau teman-teman akrab ya dijamin tidak akan kelelahan.

Apabila kamu memiliki fisik yang tidak terlalu kuat juga bisa kok sewa ojek. Sewa ojek wisata bisa didapatkan di pangkalan ojek Dieng.

Tarif ojek di Dieng berkisar Rp100.000 hingga Rp150.000 untuk satu orang satu ojek.

Ojek ini sudah bisa mengantar Anda berwisata keliling ke Telaga Warna, Batu Pandang, Dieng Plateau Theater, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna. Murah dan tidak capek ya? Tapi jika ingin lebih hemat bisa coba jalan kaki saja.

Tempat istirahat

Setelah semalaman berada di Bus menuju Wonosobo dan langsung jalan-jalan seharian di Dieng Plateau, lelah pasti mengundang juga.

Anda bisa mendapatkan penginapan di Dieng Plateau berupa homestay. Homestay Dieng harganya murah dan cocok di kantong, tempatnya pun nyaman.

Homestay Dieng murah bisa didapat mulai harga 200 ribuan hingga 400 ribuan.

Namun bila ke Dieng beramai-ramai disarankan memilih homestay yang disewakan 1 rumah karena harganya jadi sangat terjangkau apalagi homestay Dieng yang menyediakan dapur jadi bisa masak dan buat minuman sendiri tanpa beli di warung kopi.

Naik kereta

Kereta api memang salah satu alat transportasi yang sangat nyaman, cepat, hemat waktu dan aman ya. Tidak hanya nge backpacker ke Dieng dari Jakarta naik bus saja banyak traveler yang nge backpacker ke Dieng dari Jakarta naik kereta juga lho.

Wah, memangnya Wonosobo ada stasiun ya? Stasiun di Wonosobo memang ada tapi sudah tidak aktif lagi jadi kamu bisa turun di stasiun terdekat dari Wonosobo yaitu Stasiun Purwokerto.

Untuk Anda pecinta transportasi kereta untuk travelling ke Diengpun naik kereta bisa namun turun di Stasiun Purwokerto.

Sesampainya di Stasiun Purwokerto Anda harus menuju terminal Purwokerto untuk mencari bus jurusan Wonosobo.

Setibanya di Wonosobo pun rundown selanjutnya sama seperti panduan backpacker ke Dieng dari Jakarta naik Bus yaitu mencari angkutan umum atau mikro bis Dieng dan bisa dilanjutkan wisata ke Dieng dengan cara jalan kaki biar hemat atau naik ojek biar tidak capek.

Backpacker ke Dieng dari Bandung

Anda bisa mencoba berwisata dengan cara backpackeran ke Dieng dari Bandung dijamin biaya lebih ramah dikantong. Banyak wisatawan yang berasal dari kota kembang yang ingin pergi liburan ke Dieng dengan biaya terjangkau tapi belum tahu gambarannya. Berikut panduan wisatanya.

Dari Bandung naik Bus

Ada beberapa terminal bus di Bandung yang bisa Anda pilih seperti terminal Cicaheum (paling populer untuk jurusan ke Wonosobo). Bisa juga terminal lain yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Baca juga: Bagaimana cara pergi ke Dieng dari Bandung?

Anda akan bergelut dengan waktu dan jarak yang cukup panjang yaitu sekitar 8-9 jam perjalanan lancar. Tentu bukan menjadi hal yang mudah tapi dibalik itu semua menyiratkan pengalaman liburan yang berkesan.

Perlu anda ketahui bahwa tidak ada jurusan bus Bandung – Dieng ya, adanya jurusan Bandung – Wonosobo. Karena Dieng hanya sebuah desa kecil yang berada di puncak Gunung. Jadi saat ingin berlibur ke Dieng dengan naik bus akan transit terlebih dahulu di Kota Wonosobo.

Daftar PO Bus

Bus BudimanPagi : 06.00|06.30|07.00
Sore : 17.00|18.30|19.00
Bus Sinar JayaPagi : 06.00|07.00|08.00
Sore : 17.00|18.00|19.00|20.00

Langkah selanjutnya

Setelah menentukan terminal mana yang terdekat dengan tempat domisili Anda, terlebih dahulu menentukan PO bus yang akan digunakan. Usahakan menggunakan Bus yang tanpa transit yaitu Bus Patas Bandung -Wonosobo.

Waktu yang tepat star dari Bandung ialah sore atau malam hari sehingga Anda bisa sampai Wonosobo pagi dini hari jadi waktunya sangat efisien.

Yang seringkali dikhawatirkan ketika naik bus umum antar propinsi dimana kita bingung menentukan titik henti. Nah, perjalanan Bandung Wonosobo sangatlah mudah karena Wonosobo menjadi titik pemberhentian bus yang paling terakhir. 

Setibanya di Wonosobo Anda bisa meminta turun di Terminal Mendolo atau turun di Taman Plasa Wonosobo.

Untuk melanjutkan perjalanan ke Dieng masih ada perjalanan singkat lagi sekitar 1 jam dengan menggunakan angkutan mikro Bus jurusan Wonosobo – Batur dan Anda bisa meminta turun di Dieng. Jarak Wonosobo – Dieng sekitar 26 km saja. 

Biaya backpacker

Bus Bandung Wonosobo PP : Rp 180.000
Mikro Bus Wonosobo Dieng PP : Rp 30.000
Homestay : Rp 200.000
Makan : Rp 200.000

Total Biaya : Rp 610.000 / orang
Total biaya diatas belum termasuk snack di perjalanan dan transportasi keliling Dieng / ojek.

Perlu diperhatikan

  1. Anda perlu menyiapkan mental untuk perjalanan jauh berkendaraan umum
  2. Bawalah uang saku yang cukup sebagai cadangan jika terjadi sesuatu
  3. Bookinglah guest house Dieng yang dekat dengan tempat wisata
  4. Booking terlebih dahulu tiket Bus Bandung Wonosobo agar tidak kehabisan
  5. Jika ingin backpackeran ke Dieng pilihlah waktu yang tepat non highseason agar harga akomodasi tetap terjangkau
  6. Jangan lupa membawa segala perlengkapan selama liburan supaya tidak membeli di tempat wisata seperti : jaket, sepatu, baju ganti, jas hujan / payung,sarung tangan, kaos kaki dll
  7. Ajaklah rekan atau keluarga minimal 1 orang untuk menemani perjalanan backpacker Anda ke Dieng

Tinggalkan Balasan