Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berwisata ke Dieng?

Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berwisata ke Dieng?

Diposting pada

Seperti pada umumya saat mengunjungi objek wisata di manapun, wistawan selalu dihimbau untuk tidak membawa kebiasaan buruknya. Untuk menjaga keasrian kawasan wisata Dieng, dan meminimalisir dampak bencana alam atau kerusakan, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata ke Dieng

Membuang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan sebagian banyak orang yang sulit untuk dihilangkan. Tetapi, sebagian besar tempat wisata Dieng sudah memberikan fasilitas tempat sampah yang cukup banyak di setiap sudut jalan untuk mempermudah wisatawan membuang sampahnya. Selain dapat merusak pemandangan, seperti yang kita ketahui membuang sampah sembarangan beresiko meyumbat aliran air hujan dan dapat mengakibatkan bencana alam.

Memanjat candi

Pada objek wisata kawasan kompleks Candi Dieng sudah terdapat banyak peringatan untuk tidak memanjat candi. Diharap wisatawan dapat mengindahkan peringatan tersebut, karena selain sudah usang dimakan waktu, candi-candi di Dieng juga dikhawatirkan roboh dan membahayakan wisatawan itu sendiri. Sebagai bangsa yang menghormati akan keberadaan sejarah, bersikaplah untuk tidak merusak peninggalan-peninggalannya.

Merusak fasilitas umum

Fasilitas yang dimiliki oleh sebagian besar objek wisata kawasan Dieng sudah cukup memadai. Gunakanlah fasilitas umum yang sudah tersedia secara bijak dan tidak merusak. Selain fasilitas umum, wisatawan tidak diperbolehkan merusak beberapa objek yang memiliki peringatan seperti rumput yang tidak boleh diinjak, atau bunga yang tidak boleh dipetik.

Mencoret-coret

Banyak sekali ditemukan coretan wisatawan dibeberapa objek wisata kawasan Dieng, hal itu tidaklah dibenarkan. Coretan-coretan tersebut sangat mengganggu pemandangan. Sehingga, tinggalkan tip ex atau spidol yang Anda bawa atau simpan saja.

Kencing sembarangan

Fasilitas umum toilet telah tersedia pada sebagian besar objek wisata yang ada di Dieng. Gunakanlah fasilitas tersebut dan tidak kencing di sembarang tempat, karena hal tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan merugikan para wisatawan yang lainnya.

Membuang puntung rokok sembarangan

Seperti halnya membuang sampah sembarangan, simpanlah terlebih dahulu puntung rokok hingga menemukan tempat sampah. Puntung rokok sangat berbahaya jika di buang begitu saja, apalagi pada objek wisata seperti gunung prau dan bukit dengan banyak pepohonan. Dikhawatirkan bisa menimbulkan kebakaran.

Tinggalkan Balasan