Bagaimana cara mendapatkan salju di Dieng?

Bagaimana cara mendapatkan salju di Dieng?

Salju Dieng biasa disebut Bun Upas oleh masyarakat sekitar Dieng, yaitu fenomena pengkristalan embun menjadi es akibat Dieng mengalami suhu pada titik terendah. Fenomena ini tidak terjadi setiap saat, dan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Biasanya terjadi pada musim kemarau antara bulan Juli-Agustus pagi hari.

Untuk bisa menemukan moment langka tersebut, pengunjung harus bersiap-siap dari pukul 5-6 pagi. Tempat paling menarik untuk menikmati salju Dieng yaitu di kawasan candi Arjuna.

Untuk saat ini, kita dapat mengetahui prediksi kemunculan Bun Upas pada aplikasi suhu udara “Cuaca Dieng” yang sudah tersedia dan dapat diunduh melalui play store.

Panduan

  1. Embun upas tidak muncul setiap hari sepanjang musim kemarau, jadi Anda perlu stay beberapa hari untuk menyaksikan embun es hingga muncul.
  2. Tidak semua area di Dieng diselimuti embun upas. Daerah yang bisa dijadikan tempat hunting antara lain : area Komplek Candi Arjuna, Gunung Prau, lahan pertanian di dekat taman Syailendra, Padang Savana. Dari beberapa tempat di atas yang paling tebal di selimuti salju adalah di area Candi Arjuna.
  3. Embun upas muncul pada pagi hari yaitu sekitar pukul 05.00 hingga pukul 06.00 (Sebelum matahari menyinari Dieng Plateau).
  4. Pengunjung disarankan membawa : jaket tebal, sepatu hangat, kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala dan minuman hangat (bisa di dapatkan di warung sekitar).

Leave a Reply

Your email address will not be published.