Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


candi-arjuna

Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satu peninggalan purbakala yang kini menjadi cagar budaya di Dieng Plateau. Tempat wisata ini menjadi destinasi utama ketika ada turis berkunjung ke Dieng. Candi Arjuna terletak di objek wisata Dieng Zona 1 yang secara administrasi masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Dimata wisatawan, Candi Arjuna sering dikenal dengan Komplek Candi Arjuna karena ada kurang lebih 5 buah candi dengan banguna yang masih berdiri utuh.

Lokasi menuju destinasi ini sangatlah mudah, karena terletak tepat di pusat Dieng, bahkan bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari pertigaan Dieng.

Sebelum memasuki area Candi terlebih dahulu akan melewati Pendopo Soeharto Whitlem yang berada di area parkir dan Komplek Darmasala1) setelah pintu tiket masuk. Kemudian saat berjalan menuju ke bangunan candi pengunjung akan disambut jalan setapak diantara pohon cemara, bunga terompet dan bunga hortensia.

Setelah beberapa meter berjalan barulah terlihat 5 buah bangunan candi berada di lahan luas dengan rumput hijau rapi disekelilingnya. Dari bangunan purbakala tersebut tampak 4 buah candi menghadap ke barat dan 1 buah candi menghadap ke timur.

Candi-candi yang ada di komplek Arjuna semuanya beraliran Hindu yang dibangun pada sekitar abad ke Tujuh hingga kedelapan setelah masehi. Bangunan candinya berukuran kecil tidak sebesar Candi Prambanan dan memiliki relief sederhana. Inilah yang menjadikan candi Dieng merupakan candi tertua di Pulau Jawa.

Daftar nama candi

Daftar nama-nama candi yang berada di Komplek Candi Arjuna Dieng:

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan candi yang berada di urutan pertama dari pintu masuk yaitu terletak di paling ujung selatan. Candi ini memiliki struktur bangunan yang lengkap, mulai dari kaki candi, badan candi dan atap candi. Struktur Candi Arjuna memiliki kesamaan dengan candi yang ada di gedong songo yaitu dasar bangunan berbentuk persegi. Candi Arjuna dibangun di atas batur2) setinggi 1 meter.

Disebelah barat terdapat pintu masuk candi berbentuk seperti bilik penampil yang menjorok keluar sepanjang 1 meter. Pintu masuk candi ini dihiasi ukiran Kala yang berada di langit-langit pintu dan makara di kaki candi. Di dalam Candi Arjuna juga masih terdapat Yoni yang fungsinya untuk menampung air hujan yang jatuh dari atap candi.

Candi Srikandi

Candi Srikandi terletak di sebelah Candi Arjuna. Candi ini berukuran lebih kecil yaitu 3,8 m x 3,8 m. Candi Srikandi memang berbeda dengan candi yang ada di komplek ini karena memiliki relief di ketiga sisi dinding candi. Relief tersebut adalah relief Brahma, Civa dan Wisnu.

Candi Puntadewa

Candi Puntadewa terletak bersebelahan dengan Candi Srikandi. Candi ini memiliki ukuran yang hampir sama yaitu 4,44 m x 4,44 m namun lebih tinggi dari candi lainnya.

Candi Sembadra

Candi Sembadra merupakan candi di komplek ini yang letaknyanpaling ujung. Candi Sembadra memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 3,2 m x 3,2 m.

Candi Semar

Candi Semar merupakan salah sagu candi yang memiliki bentuk persegi panjang, tentu berbeda dengan ke empat candi yang lainnya. Candi semar memiliki ukuran 3,5 m x 7 m. Candi ini menghadap ke arah timur, berhadapan dengan Candi Arjuna.

Lokasi

Candri Arjuna berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Tiket masuk

Harga tiket masuk Candi Arjuna antara wisatawan asing dan domestik berbeda, dibawah ini daftar harga tiketnya:

Jenis Wisatawanweekdayweekend
DomestikRp 15.000Rp 15.000
MancanegaraRp 30.000Rp 30.000

Keterangan

1)
pondasi batu yang dulunya adalah bangunan rumah sebagai tempat beristirahat para peziarah
2)
seperti pondasi yang tinggi

Page Tools