Apa saja manfaat Purwaceng Dieng?

Apa saja manfaat Purwaceng Dieng?

Diposting pada

Purwaceng atau purwoceng merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di dataran tinggi Dieng dengan nama ilmiah Pimpinella pruatjan. Purwaceng sering disebut juga ginseng Dieng.

Ginseng Dieng ini memiliki daun kecil-kecil yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah namun batangnya tidak merambat, hampir seperti pegagan.

Tanaman yang satu ini sangat sulit dibudidayakan, petani perlu menunggu selama kurang lebih selama 1 tahun dari awal penanaman hingga panen.

Karena penanamannya yang sulit, purwaceng yang sudah kering dan belum diolah memiliki harga yang fantastis yaitu Rp 500.000 – Rp 1.000.000 per kilogram.

Semua bagian tanaman Purwaceng ini dimanfaatkan yaitu mulai dari akar, batang dan daunnya. Purwaceng diproduksi menjadi minuman sachet yang bisa dicampur dengan kopi maupun susu dan adapula yang sudah dijadikan kapsul.

Aneka jenis produk purwaceng ini bisa didapatkan di area tempat wisata Dieng maupun toko pusat oleh-oleh dengan harga yang bervariasi tergantung jenis, rasa dan ukuran.

Baca juga: Apa saja oleh-oleh khas andalan Dieng?

Purwaceng merupakan ginseng Dieng yang kaya akan khasiat, bagian akar purwaceng paling umum dimanfaatkan, berikut ini merupakan manfaat purwaceng Dieng untuk kesehatan tubuh.

Menambah stamina pria

Manfaat pertama dari purwaceng ini merupakan manfaat yang paling dikenal oleh masyarakat. Hal ini telah dibuktikan karena purwaceng memiliki kandungan afrodisiak, yaitu zat kimia yang dapat membangkitkan gairah seksual dengan meminumnya 7-14 hari berturut-turut.

Mencegah saluran infeksi kemih

Purwaceng dapat dimanfaatkan sebagai peluruh air seni (diuretik), sehingga mampu mencegah infeksi pada saluran kandung kemih. Cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau darah tinggi.

Mencegah penyakit kanker

Purwaceng dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Di dalam tumbuhan herbal purwaceng terdapat senyawa yang bertindak sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker.

Melancarkan peredaran darah

Selain sebagai diuretik, purwaceng juga memiliki manfaat sebagai pelancar peredaran darah alami.

Menjaga stamina tubuh

Purwaceng memiliki beberapa senyawa kimia yang dapat menyehatkan otot, saraf, dan meredakan lelah. Sehingga stamina tubuh akan tetap terjaga (menambah imunitas).

Tinggalkan Balasan