D'Qiano - Pemandian air panas di Dieng

D’Qiano – Pemandian air panas di Dieng

Diposting pada

D’Qiano Hot Spring Waterpark adalah pemandian air panas yang berada di Dieng Plateau. Waterpark ini merupakan satu-satunya pemandian air panas alami tertinggi di Jawa karena berada pada ketinggian 1.970 Meter di atas permukaan laut.

Meskipun letaknya di puncak pegunungan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan tempat ini menawarkan aneka permainan air baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Area dalam pemandian cukup luas dengan 3 buah kolam di dalamnya.

Kolam untuk anak-anak memiliki kedalaman setinggi lutut orang dewasa dikelilingi oleh kolam kecil seperti sungai yang melingkarinya (Biasanya digunakan untuk mendayung perahu karet atau menggunakan ban mengelilingi kolam).

Di dalam kolam renang anak ini terdapat beberapa papan seluncur, air mancur dan ember tumpah. Kolam renang untuk anak-anak ini lebih luas dari kolam lainnya yang ada di D’qiano waterpark.

pemandian air panas di dieng

Di sebelah kanan area pemadian ini terdapat kolam renang untuk dewasa. Bentuknya persegi panjang, mulai kedalaman 1,5 meter hingga 3 meter.

Disampingnya juga terdapat kolam kecil berbentuk lingkaran khusus untuk berendam saja bagi yang tidak ingin berenang. Kolam tersebut dilengkapi tempat duduk melingkar di dalam air.

Di sisi kanan dan kiri kolam terdapat ruang ganti, ruang, bilas dan toilet umum dengan air panas yang jumlahnya lumayan banyak. Disediakan juga beberapa gasebo sebagau tempat untuk berteduh dan beristirahat, cafe, tempat makan dan penyewaan alat renang seperti pelampung.

D’qiano hot spring waterpark memiliki pemandangan sekitar yang sangat indah karena terletak di kelilingi pegunungan Dieng bahkan lokasinya dekat dengan Kawah Sileri yang asapnya terlihat sangat jelas dari dalam area pemandangan. Area ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Fasilitas

  1. Area parkir luas
  2. Masjid
  3. Kamar mandi
  4. Cafe / tempat makan
  5. Kolam anak
  6. Kolam dewasa
  7. Kolam berendam
  8. Tempat bilas
  9. Papan seluncur
  10. Permainan anak
  11. Gasebo (biaya tambahan)
  12. Pelampung (biaya tambahan)
  13. Penginapan

Daya tarik

  1. Hot Spring Waterpark tertinggi di Jawa
  2. Pemandangan sangat indah berupa pegunungan Dieng
  3. Panas airnya stabil dan cocok untuk daerah dingin
  4. Fasilitas cukup lengkap
  5. Areanya luas
  6. Tidak jauh dari wisata Dieng
  7. Lokasinya strategis

Akses dan rute

Akses menuju D’qiano hot spring waterpark sangat mudah, jalannya beraspal dan tidak terlalu jauh dari pusat wisata Dieng. Namun saat ini belum ada akses transportasi umum yang menjangkau melewati ini, jadi wisatawan harus menggunakan kendaraan sendiri ataupun rental mobil.

Pemandian air panas ini dapat ditempuh dengan mudah dari arah Wonosobo yaitu melewati jalan raya Dieng sepanjang 27 km, setelah sampai di pusat Dieng dilanjutkan melewati jalan raya Dieng Batur, setibanya di pertigaan belok ke kanan sedikit menuju Jalan Kepakisan. Setelah ada pertigaan lagi, belok ke kanan ke arah Kawah Sileri. Jarak dari pusat Dieng ke tempat wisata ini hanya sekitar 5 km saja.

Tinggalkan Balasan