Mau tau urutan wisata Dieng yang dikunjungi, ini dia skedulnya

Mau tau urutan wisata Dieng yang dikunjungi, ini dia skedulnya

Diposting pada

Ingin wisata ke Dieng berkesan dan nyaman? tentu banyak hal yang harus dipersiapkan seperti mulai dari akomodasi selama di Dieng hingga jadwal keberangkatan ke Dieng.

Agar menghemat waktu liburan ke Dieng dan waktu tidak habis sia-sia tentu kamu harus tau mana saja urutan wisata Dieng yang dikunjungi baik untuk wisata 1 hari, 2 hari ataupun wisata 3 hari 2 malam dan bahkan lebih lama dari itu.

Baca juga: Panduan wisata ke Dieng

Mengetahui urutan wisata Dieng yang akan Anda kunjungi memanglah sangat penting untuk mencapai kesuksesan selama liburan di Dieng. Hal seperti ini akan mencegah wisatawan bingung berkeliling kesana kemari di Dieng tanpa tujuan dan akhirnya waktu liburan yang terbatas akan habis sia-sia hanya untuk mencari destinasi wisata Dieng yang belum Anda tentukan karena memang tidak ada skedulnya.

Ketahui juga: 17 Tempat wisata Dieng terbaik versi Wikipedieng

Jika tidak mengetahui urutan wisata pasti banyak waktu yang terbuang begitu saja serta fisik menjadi terforsir akibat mengunjungi obyek wisata Dieng secara tidak efektif yang diakibatkan tidak mengetahui yang mana urutan wisata Dieng harus dikunjungi terlebih dahulu.

Urutan wisata Dieng 1 hari

Ke Dieng 1 hari tentu Anda harus memiliki urutan wisata yang tepat ya, karena 1 hari ke Dieng sangatlah singkat jadi urutan wisatanya harus tepat. Berikut skedul urutan wisata 1 hari.

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Urutan wisata Dieng yang pertama dikunjungi untuk wisata 1 hari ialah Gardu Pandang Tieng. Lokasinya masih dipinggir jalan Dieng, jadi menjadi obyek wisata Dieng pertama yang musti dikunjungi.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga warna menjadi urutan ke dua wisata Dieng yang dikunjungi. Lokasi Telaga Warna sudah di area Dieng Plateau. Telaga ini bagus dikunjungi siang hari karena lebih cantik dan berwarna. Di dalam kawasan Telaga Warna, juga terdapat Telaga Pengilon dan Gua alam jadi banyak bonusnya ya saat mengunjungi destinasi wisata Dieng ini.

Batu Pandang

Batu Pandang

Berikutnya adalah adalah Batu Pandang atau sering disebut juga Baru Ratapan Angin ini merupakan spot terbaik untuk memyaksikan keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari tempat yang lebih tinggi atau Bukit.

Hanya mendaki bukit sedikit saja Anda sudah bisa menyaksikan keindahan yang tiada tandingannya untuk membuat perjalanan wisata 1 hari di Dieng sangat berkesan pastinya dengan urutan wisata yang tepat pula.

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater

Setelah lelah mengunjungi 3 destinasi wisata Dieng diatas, saatnya untuk berwisata indoor yaitu nonton film di Dieng Plateau Theater.

Tentu yang ditayangkan bukan film Hollywood atau Bollywood tapi dokumenter tentang Dieng yang berdurasi sekitar 40 menit.

Cukuplah sebagai tempat istirahat dan edukasi untuk selanjutnya mengunjungi destinasi wisata Dieng berikutnya.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Dieng adalah dataran tinggi aktif jadi ada banyak aktivitas vulkanik di sana. Kawah Sikidang menjadi dalah satu contohnya yaitu destinasi wisata menarik selanjutnya yang dikunjungi untuk menyaksikan aktivitas vulkanik yang berbentuk lava caur atau air belerang mendidih yang berbentuk kubangan cukup besar.

Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna

Yang terakhir adalah mengunjungi Komplek Candi Arjuna. Karena datang ke candi Arjuna paling bagus waktu sore, disana pengunjung dapat menikmati kentang goreng, kopi purwaceng bahkan jagung bakar.

Urutan wisata 1 hari dan Sunrise

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota diusahakan jam 03.00 pagi sudah sampai Kota Wonosobo, berikut urutan wisata 1 hari dengan menlihat matahari terbit dari puncak Sikunir.

  1. Sunrise Sikunir
  2. Telaga Cebong
  3. Telaga Warna dan Telaga Pengilon
  4. Batu Pandang
  5. Dieng Plateau Theater
  6. Kawah Sikidang
  7. Komplek Candi Arjuna

Urutan wisata Dieng 2 hari

Selama 2 hari di Dieng ada 10 tempat wisata yang bisa dikunjungi termasuk membeli oleh-oleh dan menikmati aneka kuliner khas, berikut urutanya:

  1. Gardu Pandang Tieng
  2. Telaga Warna dan Telaga Pengilon
  3. Batu Pandang
  4. Dieng Plateau Theater
  5. Kawah Sikidang
  6. Komplek Candi Arjuna
  7. Sunrise Sikunir
  8. Telaga Cebong
  9. Perkebunan teh
  10. Telaga Menjer
  11. Oleh-oleh Dieng
  12. Berburu Kuliner

Urutan wisata Dieng 3 hari

3 hari di Dieng cocok untuk Anda yang memiliki waktu libur panjang. Berikut daftar urutan wisata Dieng yang dikunjungi untuk tour Dieng 3 hari 2 malam.

Hari pertama

Hari pertama terlebih dahulu mengunjungi Gardu Pandang Tieng untuk melepas penat sejenak saat perjalanan menuju Dieng apalagi Anda yang berasal dari luar Wonosobo tentu bersantai di Gardu Pandang menjadi pilihan yang paling tepat.

Urutan wisata selanjutnya yang akan dikunjungi ialah area Telaga Warna dan Telaga Pengilon kemudian Dieng Plateau Theater.

Setelah menyaksikan film dokumenter di Dieng Plateau Theater bisa lanjut istirahat dan makan siang serta sholat jika muslim.

Kemudian dilanjutkan mengunjungi Batu Pandang, Kawah Sikidang serta yang terakhir ialah menunggu senja di Candi Dwarawati.

Hari kedua

Pada hari ke 2 diawali dengan menyaksikan silver sunrise di Komplek Candi Arjuna kemudian menjelajahi Candi Setyaki dan Candi Gatot kaca.

Cara paling asyik menjelajahi komplek Candi Dieng ialah dengan berjalan kaki dan biasanya mobil menunggu di area parkir Museum Kailasa.

Setelah menuju museum kailasa dilanjutkan trekking ke Bukit Sidengkeng yang bisa dijangkau dengan 20 menit saja akan dihadiahi pemandangan spektakuler.

Setelah itu dilanjutkan makan siang, sholat, istirahat. Selanjutnya mengunjungi wisata Dieng zona 2 yaitu Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kawah Sileri, berendam air panas di D-qiano Waterpark serta menyaksikan sunset di Bukit Scooter Dieng.

Hari ketiga

Pada hari ketiga atau hari terakhir menikmati wisata Dieng akan ditutup dengan skedul puncak yaitu menantikan matahari terbit dari puncak Sikunir.

Menuju Sikunir tentu harus bangun pagi ya sekitar jam 03.00 jika menginap di Wonosobo dan 04.00 jika menginap di guest house Dieng.

Setelah menikmati indahnya sunrise Sikunir, dari puncak bukit sebelah barat Anda juga bisa mengambil potret cantik Telaga Cebong yang lokasinya di lereng bukit.

Kemudian selanjutnya check out dari penginapan kemudian lanjut ke area Wonosobo yaitu Perkebunan Teh Tambi, Bukit Cinta Lembah Seroja, Telaga Menjer serta diakhiri dengan berbelanja oleh-oleh dan wisata kuliner.

Baca juga: Travelling Ala Backpacker ke Dieng (Lengkap)

Ringkasan urutan wisata ke Dieng selama 3 hari, sebagai berikut:

  1. Gardu Pandang
  2. Telaga Warna dan Telaga Pengilon
  3. Dieng Plateau Theater
  4. Batu Pandang
  5. Kawah Sikidang
  6. Candi Dwatawati
  7. Candi Arjuna
  8. Candi Setyaki
  9. Candi Gatotkaca
  10. Museum Kailasa
  11. Bukit Sidengkeng
  12. Telaga Merdada
  13. Sumur Jalatunda
  14. Kawah Sileri
  15. D-qiano Waterpark
  16. Bukti Scooter
  17. Sunrise Sikunir
  18. Telaga Cebong
  19. Perkebunan Teh Tambi
  20. Bukit Cinta Lembah Seroja
  21. Telaga Menjer
  22. Oleh-oleh Dieng
  23. Kuliner Mie Ongklok

Dengan mengetahui urutan wisata Dieng tentu perjalanan liburan Anda akan lebih terarah dengan skedul yang sistematis.

Tinggalkan Balasan