Berapa lama pendakian ke Bukit Sikunir?

Berapa lama pendakian ke Bukit Sikunir?

Diposting pada

Bukit Sikunir merupakan sebuah bukit yang berada di Desa Sembungan. Desa ini merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Potensi alam unggulan dari Desa Sembungan ialah Bukit Sikunir yakni sebuah bukit yang digunakan untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise.

Untuk melihat matahari terbit dari Bukit Sikunir pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Lama pendakian kurang lebih 30 menit hingga 45 menit.

Durasi pendakian juga tergantung fisik masing-masing orang. Semakin terbiasa orang tersebut berolahraga semakin cepat pula hingga sampai puncak.

Ada beberapa titik di atas bukit yang bisa digunakan sebagai spot sunrise yaitu titik pertama dan titik ke dua (puncak). Jika kekuatan fisik terbatas bisa berhenti di titik pertama yang hanya bisa dijangkau sekitar 30 menit saja dari kaki bukit.

Bagaimana medan di Bukit Sikunir?

Bukit Sikunir yang sekarang tentu sudah berbeda jauh dengan yang dulu. Dulu akses pendakian masih sangat alami namun seiring dengan perkembangan zaman kini akses pendakian di bukit Sikunir semakin mudah.

Trek pendakian sudah bagus yaitu tanah berlapis batu jadi sudah tidak terlalu licin lagi dan jalan sudah diperlebar untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung.

Di kanan kiri jalan juga sudah di beri pengaman berupa pegangan kayu dan besi. Kemudian sudah ada lampu penerangannya jadi akan mempermudah pengunjung saat mendaki bukit dini hari namun disarankan tetap membawa lampu senter.

Medan yang dilalui hingga sampai puncak menanjak jadi pengunjung perlu mempersiapkan fisik dan bekal seperti air mineral.

Tinggalkan Balasan