Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

Diposting pada

Air terjun Sikarim atau Curug Sikarim adalah salah satu tempat wisata yang berada berada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Air Terjun Sikarim berada pada ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut.

Ketinggian air Terjun ini mencapai lebih dari 100 meter dari atas tebing hingga dasar sungai. Air Terjun Sikarim berasal dari limpahan Telaga Cebong serta mata air disekitar gunung Bismo dan Bukit Sikunir.

Mulai tahun 2019, destinasi Air Terjun Sikarim sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan, karena akses jalan sudah diaspal hingga area parkir. Sebelumnya wisatawan yang datang hanya bisa menggunakan sepeda motor, kini mobil pribadi sudah bisa sampai lokasi Sikarim.

Lokasi

Air Terjun Sikarim terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Destinasi wisata ini lokasinya tepat di bawah Desa Sembungan yang terkenal akan sunrise sikunir nya.

Pemandangan

Pemandangan yang bisa disaksikan dari area Air Terjun Sikarim
Jalan menuju Air Terjun Sikarim

Pemandangan yang bisa disaksikan dari area Air Terjun Sikarim berupa pegunungan, hutan tropis lebat, area pertanian sayur mayur, ladang kentang dan wasabi.

Jika dari jalur Mlandi, Anda akan menjumpai bangunan villa kuno sebelum Air Terjun Sikarim. Tepatnya berada disebelah kanan jalan
Jika dari jalur Mlandi, Anda akan menjumpai bangunan villa kuno sebelum Air Terjun Sikarim. Tepatnya berada disebelah kanan jalan

Rute

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Sikarim pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Belum ada transportasi umum, sehingga wisatawan diharuskan membawa kendaraan sendiri. Bus belum bisa masuk lokasi karena jalan masih sempit dan area parkir terbatas.

Medan yang dilalui menuju Air Terjun Sikarim ialah jalan antar desa yang muat untuk 2 mobil berpapasan. Setelah melewati Desa Mlandi medan naik dan menikung. Ada 2 rute menuju ke Air Terjun Sikarim yaitu rute Desa Mlandi dan rute Desa Sembungan. Jalur yang mudah dilalui saat ini ialah jalur dari Desa Mlandi.

  1. (Dari Wonosobo) : Wonosobo – Garung – Jalan Telaga Menjer – Desa Mlandi – Air Terjun Sikarim
  2. (Dari Dieng Plateau) : Dieng – Desa Siterus – Desa Sembungan – Air Terjun Sikarim
  3. (Dari Kejajar) : Kejajar – Telaga Menjer – Desa Mlandi – Air Terjun Sikarim

Tiket

Tiket objek wisata Air terjun Sikarim Rp5.000 dan biaya parkir: roda 2 : Rp 2.000 /sepeda dan roda 4 : Rp5.000 /mobil

Panduan

  1. Membawa kendaraan sendiri karena tidak ada transportasi umum
  2. Kendaraan maksimal roda 4 (pribadi) karena area parkir sempit
  3. Membawa bekal minum yang cukup
  4. Membawa jaket
  5. Menggunakan sepatu yang nyaman (treking / hiking)

Tinggalkan Balasan