Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


tempe-kemul

Tempe Kemul

Tempe kemul adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar Tempe kedelai, tepung kanji, tepung terigu, daun kucai dengan dicampur rempah seperti kunyit, bawang, ketumbar, kencur dan garam. Bahan tersebut dicampur kemudian dibuat satu adonan dan akan bertekstur agak kental serta berwarna kuning yang berasal dari warna kunyit.

Bahan dasar tempe biasanya ada 2 macam yaitu tempe yang dibungkus daun dan ada juga yang dibungkus plastik, setelah adonan disiapkan tempe setelah dipotong sesuai selera dimasukan ke adonan kemudian di goreng sampai kering setelah itu ditiriskan setelah minyak ditiriskan baru dihidangkan siap di santap.

Tempe kemul menjadi cemilan yang tidak asing lagi bagi masyarakat kota Wonosob, walaupun disantap setiap hari tidak pernah merasakan bosan karena sudah menjadi cemilan turun temurun.

Tidak heran kebanyakan di setiap penjual makanan seperti warung bakso/mie ayam, rumah makan, warung soto, warung mie ongklok, pedagang angkringan tempe kemul pasti tersedia.

Belum lagi penjual gorengan Tempe kemul walaupun banyak yang berjualan dagangan tetap laris manis mungkin karena udara dikota Wonosobo sejuk/dingin jadi tempe kemul salah satu cemilan yang bisa menghangatkan badan.

Oleh karena itu bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Wonosobo jangan lupa mencicipi cemilan khas kota Wonosobo biar tidak penasaran apabila tidak mencobanya. Demikian ulasan tentang cemilan khas kota Wonosobo yang melegendaris.

Edit


Page Tools