Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


telaga-menjer

Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah salah satu telaga terluas di kabupaten Wonosobo. Luasnya mencapai kurang lebih 70 hektar dengan kedalaman sekitar 60 meter. Telaga ini tepat berada di lereng Gunung Seroja yang termasuk kedalam deretan pegunungan Dieng.

Seperti halnya danau-danau yang ada di Dieng, Telaga Menjer merupakan bekas letusan gunung api berupa kapundan kawah yang berukuran besar dan lebar dengan tebing batu vulkanik disekelilingnya. Air Telaga Menjer berasal dari segenap penjuru mata air disekitarnya serta air hujan.

Telaga Menjer memiliki hawa udara yang sejuk karena masih berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut Mdpl. Pemandangan sekitar berupa perkebunan teh dan kebun sayur mayur serta dikelilingi oleh pohon yang rimbun.

Jika ingin sedikit berpetualang, pengunjung bisa berjalan kaki mengilingi bukit yang ada di atasnya melewati perkebunan teh. Dari sekitar bukit tersebut akan tampak pemandangan Telaga Menjer seutuhnya. Bukit ini disebut dengan Bukit Seroja dan kini sudah dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

Selain sebagai tempat kunjungan wisata, Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air telaga ini dialirkan melalui pipa-pipa raksasa berdiameter 2,6 meter sepanjang 3 km menuju pusat turbin yang ada di Desa Garung.

Lokasi

Telaga Menjer berada di Desa Menjer dan Desa Telogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Daya tarik

Berikut ini adalah beberapa daya tarik Telaga Menjer:

  1. Telaga Menjer memiliki view bagus yang dikelilingi perbukitan
  2. Areanya sangat luas
  3. Bisa naik perahu mengelilingi telaga
  4. Masih ada satwa liar seperti monyet disekelingnnya
  5. Udaranya sejuk
  6. Pengunjung bisa menikmati kuliner lokal di rumah makan terapung diatas telaga. Hidangan utamanya adalah ikan wader

Rute

Bagi Pengunjung yang belum pernah ke objek wisata ini, berikut beberapa rute yang bisa ditempuh hingga sampai lokasi.

Dari Kota Wonosobo

Dari alun-alun Wonosobo menuju arah Dieng melewati Jalan Diponegoro kemudian Jalan Abdurahman Wahid dan Jalan Dieng. Setibanya di pertigaan Pasar Garung belok ke kiri melewati gapura bertuliskan PLTA Garung. Ikuti jalan utama hingga sampai ke area Telaga Menjer. Jarak yang ditempuh dari alun-alun sekitar 11 km selama kurang lebih 25 menit.

Dari Dieng

Melewati Jalan Raya Dieng turun menuju Wonosobo, setibanya di pertigaan Desa Kejajar yang jaraknya 9 km dari Dieng belok ke arah kanan. Ada beberapa desa yang akan dilewati, akses jalannya lumayan kecil dan berbelok jadi perlu berhati - hati. Terus ikuti jalan hingga sampai di tempat wisata Telaga Menjer.

Dari Curug Sikarim

Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Curug Sikarim juga bisa langsung berwisata ke Telaga Menjer. Rutenya adalah melalu jalan Desa Mlandi ke arah Pasat Garung (hanya ada 1 jalan utama). Setelah menemui jalan raya Telaga Menjer, ambil ke arah kiri hingga sampai telaga.

Harga tiket

Harga tiket masuk Rp 5.000/orang


Page Tools