Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


sumur-jalatunda

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda adalah salah satu sumur terbesar di Dieng yang terbentuk karena adanya letusan vulkanik yang terjadi pada puluhan abad silam. Sumur ini berbentuk lingkaran dengan panjang garis tengah kurang lebih 50 meter. Air yang ada di dalamnya berasal dari sumber mata air dan air hujan. Sumur Jalatunda tidak mengandung belerang meskipun asal mula terjadinya akibat letusan gunung Sinila.

Saat mengunjungi Sumur Jalatunda akan kita dapati penjual batu kerikil. Batu-batu kerikil tersebut biasanya akan dibeli oleh wisatawan untuk dilempar ke arah sumur. Terlepas dari kepercayaan mistis, jika mampu melempar batu bisa melewati sumur hingga menyentuh dinding yang ada di depannya makan si pelempar memiliki ketangkasan dan kekuatan yang luar biasa karena di area Sumur Jalatunda terkandung gaya gravitasi bumi yang besar.

Lokasi

Lokasi Sumur Jalatunda adalah di Dusun Sidomulyo, Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara. Tempat wisata ini masuk kedalam destinasi Dieng Zona 2. Untuk mencapai bibir sumur, pengunjung harus menaiki 88 buah anak tangga.

Rute

Rute menuju Sumur Jalatunda bisa dari Kecamatan Batur ataupun Pusat Dieng dengan akses dan jalan yang mudah. Dari pusat Dieng hanya berjarak 7,2 km dan 4 km dari Kecamatan Batur. Tidak ada sarana transportasi umum menuju ke Sumur Jalatunda jadi pengunjung wajib menggunakan kendaraan sendiri.


Page Tools