Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


purwaceng

Purwaceng

Purwaceng merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di Dieng dengan nama ilmiah Pimpinella pruatjan. Purwaceng sering disebut juga ginseng Dieng. Ginseng Dieng ini memiliki daun kecil-kecil yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah namun batangnya tidak merambat, hampir seperti pegagan. Tanaman yang satu ini sangat sulit dibudidayakan, petani perlu menunggu selama kurang lebih selama 1 tahun dari awal penanaman hingga panen. Karena penanamannya yang sulit, purwaceng yang sudah kering dan belum diolah memiliki harga yang fantastis yaitu Rp 500.000 - Rp 1.000.000 per kilogram.

Produk

Semua bagian tanaman Purwaceng ini dimanfaatkan yaitu mulai dari akar, batang dan daunnya. Purwaceng diproduksi menjadi minuman saset yang bisa dicampur dengan kopi maupun susu. Adapula yang sudah dijadikan kapsul. Aneka jenis produk purwaceng ini bisa didapatkan di area wisata Dieng maupun toko pusat oleh-oleh dengan harga yang bervariasi tergantung jenis, rasa dan ukuran.

Khasiat

Purwaceng merupakan ginseng Dieng yang kaya akan khasiat. Selain bisa untuk menghangatkan tubuh ataupun menambah imunitas, Purwaceng dikenal sebagai obat penambah stamina bagi laki-laki dewasa maupun perempuan dengan meminumnya 7-14 hari berturut-turut.


Page Tools