Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


pertanian-dieng

Pertanian Dieng

Dieng sebagai surganya para petani karena dikaruniai tanah yang subur. Hampir semua penduduk Dieng bermata pencaharian sebagai petani. Mereka membudidayakan tanaman sayuran seperti kentang kol/kubis, wortel, kacang dieng/kacang babi, terong belanda, purwaceng, carica dan masih banyak lagi tanaman yang tumbuh di Dieng.

Hampir seluruh lahan di Dieng yaitu di lereng-lereng pegunungan di buat terasiring untuk pertanian kentang. Dieng memang terkenal dengan kentangnya maka dari itu Dieng sebagi daerah pemasok kentang utama dan terbesar di Indonesia.

Tidak hanya kentang Dieng yang terkenal ada buah unik tumbuh di Dieng yaitu carica. Siapa yang tidak kenal carica, pasti hampir semua orang tau buah yang satu ini. Carica merupakan buah pepaya kerdil Dieng. Pohon carica hampir mempunyai kemiripan dengan pohon pepaya. Kemiripan itu tampak pada daun nya akan tetapi buah yang tumbuh sangatlah berbeda. Buah carica memiliki ukuran mungil seperti belimbing dan mempunyai rasa asam makanya buah ini sudah di jadikan olahan khas Dieng yaitu manisan carica.

Ada lagi tanaman gingseng yang dibudidayakan di Dieng dan banyak yang mencari-cari tanaman khas Dieng ini yaitu tanaman purwaceng. Purwaceng merupakan tanaman sebangsa gingseng yang tumbuh di Dataran Tinggi Dieng.


Page Tools