Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


kawah-sikidang

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu aktivitas vulkanik yang masih aktif di Dieng. Kawah ini berbentuk kubangan besar berisi lava cair mendidih. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang aman dikunjungi karena tidak mengandung unsur racun seperti yang ada pada Kawah Timbang dan Kawah Sinila.

Lava cair yang ada di Kawah Sikidang berwarna hitam keabuan pekat yang mendidih dan sangat panas. Suhu rata-rata dari lava cair tersebut adalah 100 derajad Celcius. Suhu kawah ini bisa mencapai lebih dari 100 derajad Celcius jika ada peningkatan aktivitas vulkanik gunung Dieng.

Di area kawah Sikidang pengunjung juga bisa mencicipi telur rebus kawah dengan harga 5.000 / butir yang dijual oleh penduduk lokal setempat.

Pemandangan

Pemandangan yang bisa disaksikan di area wisata Kawah Sikidang antara lain:

  1. Aktivitas vulkanik
  2. Kapundan kawah berisi lava cair yang mendidih
  3. Pemandangan pegunungan (lereng Gunung Pangonan)

Lokasi

Kawah Sikidang berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan termasuj kedalam destinasi wisata Dieng Zona 1.

Harga Tiket

Wisatawanweekdayweekend
LokalRp 15.000Rp 15.000
AsingRp 30.000Rp 30.000

Rute wisata

Rute menuju Kawah Sikidang sangatlah mudah. Ada dua buah jalur yang bisa dilewati dari arah pertigaan Dieng yaitu melalui Jalan Telaga Warna dan Jalan Raya Dieng Batur.

Rute Jalan Raya Telaga Warna

Dari pertigaan utama Dieng (dari arah Wonosobo) belok ke kiri melalui Jalan Raya Telaga Warna, kemudian belok ke kanan sebelum pertigaan arah Dieng Plateau Theater melewati Kali Tulis. Kemudian kita temukan gapura masuk Kawah Sikidang yang berada di sebelah kiri jalan.

Rute Jalan Raya Dieng Batur

Selain melalui jalan raya Telaga Warna, pengunjung juga bisa melewati Jalan Raya Dieng Batur. Dari pertigaan utama Dieng belok ke kanan arah ke Candi Arjuna, kemudian belok ke kiri setelah tiba di Gangsiran Aswatama. Ikuti jalan sampai menemukan gerbang masuk kawah yang ada di kanan jalan.

Panduan

Inilah beberapa panduan saat berkunjung ke Kawah Sikidang:

  1. Kawah Sikidang mengandung zat belerang / sulfur yang baunya menyengat, jadi pengunjung disarankan untuk memakai masker.
  2. Dilarang mendekati bibir kawah karena sangat berbahaya.
  3. Waktu yang cocok untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari.
  4. Perlu berhati-hati saat berjalan melewati area kawah karena masih muncul banyak kawah-kawah kecil dengan air mendidih ataupun mendesis yang mengakibatkan permukaan tanah menjadi panas.
  5. Disarankan memakai sepatu
  6. Tiket masuk Kawah Sikidang sudah termasuk ke Candi Arjuna jadi tidak perlu membayar tiket dua kali.

Page Tools