Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


gunung-pangonan

Gunung Pangonan

Gunung Pangonan merupakan salah satu gunung yang bisa disaksikan dengan jelas dari Desa Dieng Kulon dan Dieng Wetan yang posisinya berada di sebelah selatan Komplek Candi Arjuna. Gunung Pangonan memiliki ketinggian sekitar 2.308 meter di atas permukaan laut Mdpl. Gunung ini termasuk tinggi namun sangat mudah dijangkau karena memang terletak di area pegunungan yang kaki gunungnya sudah mencapai di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut Mdpl, jadi kini Gunung Pangonan sudah dijadikan kunjungan utama bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian namun tidak memakan waktu lama.

Gunung Pangonan memiliki bentuk lebar serta memiliki bekas kapundan kawah yang luas seperti mangkuk raksasa yang berada tepat di tengah. Bekas kapundan kawah tersebut kerap dijuluki warga setempat sebagai Telaga Sumurup. Telaga Sumurup inilah yang kita kenal dengan Padang Savana Dieng. Gunung Pangonan jika dilihat dari kejauhan memang masih lumayan rimbun karena ditumbuhi banyak pohon akasia serta rumput gajah yang berada di bagian tengah dan atas atas bukit namun pada bagian kaki gunung sudah diberdayakan warga sebagai area pertanian kentang dan terlihat juga banyak pipa-pipa gas geotermal untuk mengalirkan uap panas.

Rute Pendakian

Adapun beberapa rute pendakian Gunung Pangonan Dieng diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Base Camp Dukuh Karangsari
  2. Kawah Sikidang
  3. Museum Kailasa
  4. Telaga Merdada

Lama pendakian

Untuk mendaki Gunung Pangonan kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga 1 jam perjalanan. Lama pendakian ini tergantung dari base camp mana yang akan Anda pilih. Pendakian tercepat bisa melalui area kawah Sikidang. Meskipun membutuhkan waktu yang singkat namun jalannya sangat curam, tegak dan terbilang sangat sulit jadi tidak diperuntukan bagi semua kalangan, hanya orang-orang tertentu saja yang suka akan petualangan. Jalur termudah bisa melalui base camp Gunung Pangonan yang berada di Desa Karangsari Dieng Kulon dengan estimasi waktu pendakian kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pemandangan terbaik

Gunung Pangonan memiliki pemandangan terbaik dan tidak kalah bagus dengan beberapa gunung yang ada di Dieng lainnya. Berikut beberapa view terbaik yang bisa disaksikan dari Gunung Pangonan.

Padang Savana

Padang savana atau padang rumput Dieng merupakan pemandangan utama yang bisa disaksikan dari Gunung Pangonan. View inilah yang membawa nama Gunung Pangonan menjadi naik daun dan sering dicari-cari wisatawan. Padang savana bisa disaksikan dari sekeliling bukit karena letaknya di tengah-tengah. Tidak sedikit pula pengunjung camping di tempat ini.

Telaga Merdada

Pemandangan indah selanjutnya yang bisa disaksikan dari Gunung Pangonan adalah Telaga Merdada. Dari atas Gunung Pangonan telaga terluas di Dieng ini bisa dilihat secara seutuhnya yang bisa disaksikan dari punggung gunung sebelah barat laut dan bisa dengan mudah dijangkau dari atas Museum Kailasa atau dari Desa Karangtengah.

Sunrise

Selain Sunrise Sikunir dan Sunrise Gunung Prau, matahari terbit di Dieng juga bisa disaksikan dari Gunung Pangonan. Tentu dengan jarak yang lebih jauh dari Bukit Sikunir dan Lebih dekat dari pada Gunung Prau. Untuk menyaksikan sunrise dari Gunung Pangonan biasanya pengunjung berangkat di sore harinya dan mendirikan tenda terlebih dahulu atau camping. Lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat menyaksikan sunrise adalah dipunggung gunung sebelah barat. Dari sinilah golden sunrise muncul di balik Gunung Sindoro dan pegunungan Dieng lainnya. Wisatawan dapat mendaki dari arah Museum Kailasa agar lebih dekat dijangkau.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif di Dieng yang lokasinya berada di kaki Gunung Pangonan. Dari atas gunung ini pengunjung bisa menyaksikan area kawah secara leluasa. Pemandangan yang bisa dilihat tentu lebih indah karena tekstur tanah tampak warna warni seperti coklat, putih, silver dan hijau dipadukan dengan asap putih yang menjulang. Kawah Sikidang ini bisa disaksikan dari sebelah tenggara Gunung Pangonan yang dapat dicapai via jalur pendakian Dukuh Karangsari atau memasuki objek wisata Kawah Sikidang (jalan terjal).


Page Tools