Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


gua-jepang

Gua Jepang

Gua Jepang adalah salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Dieng. Gua ini konon dibangun oleh tentara Jepang sebagai tempat persembunyian dan pengintaian serta untuk menyimpan senjata. Gua ini dibuat di perbukitan namun kini sudah tidak terlihat lagi.

Jika dilihat memang tidak mirip sebuah gua, bentuknya persegi dan tidak terlalu lebar. Luas dalamnya hanya cukup beberapa orang saja apalagi gua ini dibuat di tebing pematang pertanian kentang yang berbukit. Mungkin dulunya adalah hutan lebat sehingga dibuatlah gua untuk pengintaian yang terbilang aman apalagi bagian muka gua menghadap ke arah jalan raya yang akan memudahkan tentara Jepang memeriksa siapa saja ada yang memasuki wilayah Dieng.

Kini di wilayah tersebut hanya tinggal satu gua saja, dahulu diperkirakan berjumlah lebih dari itu. Hal ini dapat terlihat di sekitar area Gua Jepang ada beberapa lubang berukuran kecil mirip seperti terowongan dangkal biasa. Tempat ini memang tidak dijadikan sebagai destinasi wisata di Dieng karena lokasinya di tebing area pertanian yang mudah terkikis dan longsor. Bahkan kini malah dijadikan sebagai tempat berteduh oleh para petani setempat.

Lokasi

Gua Jepang berlokasi di jalan raya Dieng dari arah Kota Wonosobo yang jaraknya kurang lebih 26 km dan dapat ditempuh dengan berkendara selama 1 jam. Gua ini berada di area pertanian setelah Desa Patak Banteng dan setelah gapura masuk Desa Kalilembu. Gue Jepang terletak di sebelah kiri jalan raya yang dibatasi oleh jurang. Lokasi gua juga tidak jauh dari Tuk Bimalukar yang ada di sebelah kiri jalan sebelum gerbang masuk Dieng.


Page Tools