Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


fauna

Fauna

Dataran tinggi Dieng yang terdiri dari pegunungan, area pertanian serta hutan lindung ini memiliki berbagai macam fauna (segala macam jenis hewan). Diantaranya adalah sebagai berikut:

Daftar fauna

FaunaBanyak ditemukanJarang dijumpai
Macan tutul-
Babi hutan-
Lutung-
Surili-
Elang jawa-
Puyuh gonggong-
Tepus dada putih-
Rusa-

Macan tutul merupakan hewan endemik Jawa yang kini sudah jarang ditemukan di kawasan Dieng. Keberadaannya hanya bisa dihitung dengan jari tangan karena sudah banyak habitat mereka yang sudah punah seperti penjarahan hutan ataupun pembabatan hutan untuk lahan pertanian. Dulunya macan tutul masih banyak ditemukan ketika hutan Dieng masih rimbun, biasanya si harimau Jawa ini berada di lereng-lereng gunung dengan pepohonan lebat seperti di kawasan hutan Gunung Prau, Gunung Nganjir, Gunung Bismo dan dipegunungan Dieng lainnya. Kemudian untuk babi hutan sendiri masih banyak ditemukan, hal ini ditandakan dengan banyaknya lubang dan jejak kami babi yang bisa ditemukan di area gunung dan lahan pertanian.

Selain harimau dan babi hutan, dulu juga banyak ditemukan rusa baik di pegunungan, lahan terbuka atau di area pertanian namun kini sudah jarang sekali ditemukan karena sudah habis diburu dan atau pindah habitat. Kemudian untuk lutung masih banyak ditemukan di hutan lebat lereng-lereng pegunungan seperti di lereng Gunung Seroja, Gunung Bisma. Sedangkan fauna berjenis burung masih sering dijumpai dan banyak ditemukan di hutan gujung Dieng di pepohonan akasia dan semak lainnya.


Page Tools