Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


dieng-plateau

Dieng Plateau

Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah daerah peninggalan peradaban kuno yang menyimpan banyak benda-benda bersejarah, letaknya 27 km dari kota Wonosobo dan berada pada ketinggian rata-rata 2.000-2.093 meter di atas permukaan laut.

Dieng sendiri berada di dua wilayah 1) Kabupaten, yaitu Banjarnegara 2) dan Wonosobo 3), Provinsi Jawa Tengah.

Terjemahan:

InggrisIndonesia
Dieng PlateauDataran Tinggi Dieng

Dieng merupakan dataran tinggi luas dan memiliki hawa udara sejuk serta banyak terdapat tempat wisata alam seperti telaga, kawah, gunung, dan tempat melihat matahari terbit sehingga menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Bahkan para peziarah masa lampau juga sering mengunjungi Dieng baik untuk kepentingan penelitian, beribadah maupun rekreasi. Ada banyak peninggalan kuno seperti candi, arca, prasasti serta bangunan lainnya yang memiliki nilai sejarah tinggi. Candi-candi yang ada di Dieng berumur ratusan tahun dan diperkirakan dibangun antara abad 7-8 masehi pada saat Wangsa Sanjaya berkuasa.

Dieng Plateau merupakan salah satu daerah vulkanik aktif di Jawa Tengah, sehingga terdapat beberapa kawah yang mengandung belerang bahkan ada juga yang mengandung zat beracun seperti Hidrogen sulfida dan Karbon dioksida. Selain kawah-kawah aktif tersebut, di dataran tinggi Dieng banyak dijumpai kawah mati berbentuk lubang besar untuk menampung air hujan ataupun mata air disekitarnya sehingga lubang kawah tersebut menjadi sebuah danau yang sering dikunjungi wisatawan hingga saat ini, terlebih pemandangan disekitar danau didukung oleh alam yang bagus yaitu berupa perbukitan disekitarnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Daftar artikel


Baca Ketentuan dan Syarat sebelum menulis atau membaca artikel di halaman Dieng Plateau. Jika Anda menemukan artikel yang salah di Wikipedieng, bantu kami untuk memperbaiki.

Profil

Candi

Telaga

Gunung

Wisata buatan

Sunrise

Kategori tempat melihat matahari terbit
Matahari terbit di Dieng
Sunrise SikunirSunrise Gardu Pandang
Sunrise PrauSilver Sunrise

Desa wisata

Sekitar

Kawah

Tempat lain

Air terjun

Panduan

Seni budaya

Khas

Layanan wisata

Kota

Kategori Kota atau Kabupaten
WonosoboBanjarnegara
TemanggungPekalongan

Topik lain

Hak cipta foto


  1. Seluruh foto pada halaman ini (kecuali foto sunrise) milik Wikipedieng, pengambilan gambar Dieng Plateau sejak tahun 2014 menggunakan kamera Canon EOS 70D
  2. Hak cipta foto sunrise (matahari terbit di Bukit Sikunir) milik Makmun (Mamik) fotografer Wonosobo. Gambar matahari terbit diambil menggunakan kamera NIKON D3200
  3. Banner dengan tulisan #Wikipedieng menggunakan software berbayar dari placeit.net
1)
Desa Dieng Wetan masuk wilayah Wonosobo, dan Dieng Kulon masuk wilayah Banjarnegara
2)
Sebagian besar wilayah Dieng masuk dalam Kabupaten Banjarnegara
3)
Dengan pembatas kali tulis yang terletak diantara Desa Dieng Kulon dan Desa Dieng wetan

Page Tools