Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


dieng-culture-festival

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival Dieng culture festival atau Dcf adalah acara festival budaya Dieng yang digelar setahun sekali biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus saat musim kemarau. Puncak acara festival Dieng ini menyuguhkan prosesi ruwatan cukur rambut gimbal Anak-anak pegunungan Dieng. Karena digelar setahun hanya sekali acara festival Dieng sangat meriah dan animo masyarakat tinggi untuk mengikuti acara tersebut, setiap tahunnya semakin bertambah jumlah wisatawan yang datang ke Dieng serta terdapat banyak kegiatan dan penampilan budaya yang dapat dinikmati.

Festival budaya di Dieng pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya penyelenggaraan acara ini tergolong sukses dan menarik banyak perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival budaya di Dieng atau dcf merupakan gagasan dari Pokdarwis Dieng Pandawa sebagai bentuk pelestarian tradisi dan promosi wisata dataran tinggi Dieng. Gelaran Dieng culture Festival secara langsung dapat meningkatkan taraf ekonomi pelaku wisata atau pemilik penginapan, namun juga masyarakat sekitar Dieng. Dampak positif lainnya menambah pendapatan daerah dan membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk disekitar, menyerap tenaga kerja misalnya menjadi guide, supir, pedagang, dll.

Catatan:

Pada tahun 2020 gelaran Festival budaya Dieng (DCF) ditiadakan, penutupan itu untuk mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona 1).

Dokumentasi


Rangkaian Acara Festival Dieng

Malam hari acara Dcf

Prosesi cukur rambut gimbal

Daya tarik


Daya tarik utama Dieng culture festival adalah prosesi ruwatan cukur rambut gimbal, pada tahun-tahun sebelumnya acara ini digelar di Komplek Candi Arjuna Dieng sehingga mudah dijangkau wisatawan dari berbagai daerah. Selain cukur rambut gimbal acara festival Dieng dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit, jazz di atas awan dan rangkaian kesenian tradisional lainnya.

Agenda


cukur rambut gimbal Agenda festival budaya Dieng ini yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya

  1. Opening Ceremony
  2. Napak Tilas
  3. Jalan Sehat
  4. Minum Purwaceng Masal
  5. Kunjungan UKM EXPO
  6. Gelar Budaya Tradisional
  7. Pagelaran Wayang Kulit
  8. Bakar Jagung
  9. Jazzatasawan
  10. Kirab Budaya
  11. Jamasan Anak Rambut Gimbal
  12. Prosesi Pencukuran Rambut Gimbal
  13. Ngalap Berkah
  14. Relarungan Rambut Gimbal

Tiket Dcf


Untuk mengikuti rangkaian acara festival budaya Dieng diperlukan tiket khusus, tiket dcf bisa diperoleh melalui panitia penyelenggara.

Penyelenggara acara


Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, yang didukung oleh elemen masyarakat dan Disbudpar Kabupaten Banjarnegara.

Lokasi


Lokasi acara Dieng Culture Festival di komplek Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Rujukan

1)
Berita banyumas.tribunnews.com Dieng Culture Festival Tidak Digelar Tahun 2020 Ini, Terlalu Berisiko Penyebaran Covid-19 Diakses pada tanggal 12 Juli 2020

Page Tools