Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


desa-tieng

Desa Tieng

Desa Tieng adalah salah satu desa yang secara administratif terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa ini terletak pada ketinggian 1.500 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut Mdpl sehingga suhu udaranya sangat sejuk dan sudah dingin. Desa Tieng menjadi salah satu wilayah di sekitar Dieng yang kerap sekali diselimuti kabut seperti negeri di dalam awan. Penduduknya pun tak luput mengenakan pakaian hangat dan menggunakan sarung atau selimut saat di dalam atau luar ruangan.

Nama dari Desa Tieng konon diambil dari sumber mata air yang berwarna kekuning-kuningan, mata air ini berada di sebelah barat desa. Orang Jawa menyebutkan air tersebut dengan istilah “Tieng”. Orang Jawa menyebutkan air tersebut dengan istilah “Tieng”. Banyak wisatawan mengira bahwa Desa Tieng sama dengan Desa Dieng karena namanya hampir mirip. Desa Tieng ini lokasinya 6 km lagi sebelum Desa Dieng dari arah kota Wonosobo yang masih lumayan jauh ditempuh yaitu sekitar 15 menit perjalanan.

Desa Tieng dikaruniai tanah yang loh jinawi 1) dengan luas wilayah seluas 2,22 km². Mayoritas penduduk Desa Tieng bermatapencaharian sebagai petani. Tanaman yang dibudidayakan di wilayah ini berupa kentang, wortel, kol dan tembakau. Hasil pertaniannya sayur mayur dan kentang biasanya akan didatangi secara langsung oleh para pengepul atau dibawa ke pasar sayur Mayasari Garung untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal dan luar daerah. Selain penghasil kentang dan sayuran Desa Tieng terkenal dengan tembakaunya.

Tembakau Tieng

Desa Tieng terkenal akan pengolahan tembakau yang khas. Tembakau yang berasal dari Desa ini terkenal dengan sebutan “Tembakau Garangan”. Tembakau garangan memang dibuat dengan proses yang panjang dari pada tembakau yang dijual untuk pabrik. Proses yang pertama dilakukan adalah memetik daun tembakau. Ada 3 jenis daun tembakau yang harus dipetik secara bertahap yaitu bagian bawah, tengah dan atas.

Setelah dipetik, daun tembakau di sobek untuk membuang tulang daunnya. Kemudian daun tersebut digulung dan didiamkan beberapa hari hingga masak yaitu daun berwarna kuning dan lengket. Setelah daun berubah warna di iris-iris tipis 2) dengan menggunakan pisau besar dan siap untuk di anjang atau ditata di atas rigen 3) menjadi beberapa bagian. Setelah selesai di tata di atas rigen barulah didiamkan beberapa saat paling tidak setengah hari kemudian malam hari mulai di panggang di atas tunggu besar. Proses pemanggangan ini disebut dengan “garang”. Kemudian pagi harinya dijemur di bawah sinar matahari. Lama proses penjemuran tembakau kurang lebih 4-7 hari tergantung cuaca. Setelah kering lanjut ke proses penyimpanan yang dilakukan dengan menggunakan besek 4). Katanya semakin lama tembakau garangan ini disimpan semakin enak rasanya dan tentu semakin mahal juga harganya.

Pangsa pasar tembakau Tieng tidak hanya di dalam daerah saja namun banyak peminatnya yang dari luar kota. Bagi para penikmat tembakau, tembakau garangan ini sangat enak dan tajam bahkan lebih enak dari cerutu.

Topografi

Keadaan wilayah Desa atieng sebagian besar berupa lereng dan jurang. Sedikit ditemukan area tanah yang luas dan datar. Hal ini dapat dilihat dari bangunan rumah penduduk yang berteras-teras di tebing. Meskipun tanahnya subur namun banyak terdapat batu-batu besar yang berada di kawasan ini baik di lahan pertanian ataupun pemukiman. Batu-batu ini merupakan batu vulkanik yang dulunya berasal dari letusan gunung api Dieng pada ratusan tahun silam.

Profil desa

Desa Tieng
DesaTieng
KecamatanKejajar
KabupatenWonosobo
PropinsiJawa Tengah
Kode pos56354
Jumlah penduduk -
Luas wilayah2,22 km²
Batas wilayahUtara : Desa Wadasputih, Selatan : Desa Kejajar, Barat : Gunung Pakuwojo dan Sikunir, Timur :
BahasaBahasa Jawa dan Indonesia
Mata pencaharianMayoritas petani, pedagang dan pelaku wisata
AgamaMayoritas islam
Jarak dari Wonosobo20 km
Destinasi wisataGardu Pandang Tieng, Batu Angkruk

Keterangan

1)
Merupakan tanah yang subur
2)
Orang lokal menyebutnya dengan di rajang
3)
sebuah papan untuk menjemur yang terbuat dari bambu bentuknya persegi panjang
4)
Sebuah wadah jaman dulu yang terbuat dari Anyaman bambu

Page Tools