Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


desa-patakbanteng

Desa Patakbanteng

Patakbanteng merupakan salah satu desa yang sering disebutkan dalam pariwisata Dieng. Desa ini merupakan desa yang memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang maju. Desa Patak Banteng mempunyai pemandangan alam yang indah karena letaknya di apit perbukitan dan tepat di lereng puncak tertinggi Dieng yaitu Gunung Prau. Desa Patakbanteng sudah memiliki suhu yang dingin karena tidak jauh dari pusat wisata Dieng yaitu sejauh kurang lebih 2 km saja yang lokasinya berada di Jalan Raya Dieng km 24.

Desa Patakbanteng tidak asing lagi jika terdengar oleh para pelancong khususnya wisatawan kaula muda karena di desa inilah terdapat salah satu pos pendakian Gunung Prau. Sejak dilewati banyak pendaki baik yang berasal dari dalam daerah ataupun luar daerah, sektor pariwisata di Dieng terus meningkat sehingga warga sekitar banyak yang menjadi pelaku pariwisata diantaranya : menjadi Tour guide, instruktur pendakian, home industri carica, warung makan, toko oleh-oleh, persewaan alat pendakian dan masih banyak lagi.

Selain mengalami peningkatan dalam sektor pariwisatanya, sejak jaman dahulu penduduk Desa Patakbanteng terkenal akan hasil pertaniannya yaitu kentang sebagai komoditas utama, kemudian ada aneka sayur-mayur, terung belanda / buah kemar, cabe Dieng, kacang Dieng serta buah carica.

Rumah produksi

Desa Patakbanteng merupakan salah satu desa yang memiliki banyak rumah produksi atau home industri carica. Jumlah home industri carica kurang hingga mencapai 30 rumah industri. Pengelola industri ini banyak di diminati oleh pemuda dengan berbagai inovasi pembuatan oleh-oleh khas Dieng. Selain memproduksi aneka macam olahan carica, ada juga berbagai produk olahan terung belanda, kentang, jamur dan kacang Dieng.

Hasil home industri di atas di distribusikan di berbagai pusat oleh-oleh Dieng dan Wonosobo bahkan dikirim ke luar daerah maupun ke penjual yang ada di sekitar tempat wisata.

Profil desa

Di bawah ini adalah profil Desa Patakbanteng yang dikemas ke dalam daftar tabel berikut.

DesaPatakbanteng
KecamatanKejajar
KabupatenWonosobo
PropinsiJawa Tengah
Kode pos56354
Batas wilayahUtara : Desa Kalilembu, Selatan : Desa Patikesit, Barat : Desa Jojogan, Timur : Gunung Prau
Luas wilayah2,29 km²
MatapencaharianPetani, pelaku wisata, pedagang, wirausaha
BahasaBahasa Jawa, Bahasa Indonesia
Destinasi wisataPendakian Gunung Prau
Sektor perekonomianPertanian, wisata, perdagangan

Cara menuju

Cara menuju Desa Patakbanteng sangatlah mudah, karena desa ini berada di tepi jalan raya utama menuju Dieng. Bila dari arah akun-alun Kota Wonosobo ambil arah rute menuju Dieng melewati Jalan Abdurahman Wahid, dilanjutkan ke jalan Raya Dieng. Dari pusat kota Wonosobo hanya berjarak kurang lebih 24 km. Posisi desa ini berada di kanan jalan.

Jika Anda dari Desa Dieng, yaitu melewati jalan raya Dieng turun menuju arah Wonosobo sejauh 2 km dan posisi desa berada di kiri jalan.


Page Tools