Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


desa-dieng-kulon

Desa Dieng Kulon

Dieng Kulon Dieng Kulon merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Desa ini terletak pada ketinggian antara 2.000-2.500 meter 1) di atas laut. Sebagai desa wisata yang terkenal, Dieng kulon memiliki banyak akomodasi seperti homestay, rumah makan, Spbu dan sarana lain sebagai penunjang kebutuhan wisatawan yang datang. Dataran tinggi Dieng sendiri memiliki dua buah desa, yaitu Desa Dieng wetan (timur) dan Desa Dieng kulon (barat) keduanya berada di wilayah administratif berbeda, Dieng wetan masuk di Kabupaten Wonosobo dan Dieng kulon masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Masyarakat Desa Dieng kulon terkenal ramah dengan wisatawan, desa ini dikaruniai pemandangan alam yang indah dengan banyak destinasi wisata sehingga menarik pengunjung dari seluruh dunia dengan udara segar luar biasa.

Gambar Desa


Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara Keterangan foto: Desa Dieng Kulon, gambar diambil pada: 2014:11:29 08:10:06, menggunakan: Canon EOS 70D

Cara menuju Desa Dieng Kulon


Desa Dieng Kulon terletak sekitar 115 km (3,5-4 jam) dari Yogyakarta dan bandaranya, 105 km (2,5-3,5 jam) dari Purwokerto dan stasiun kereta, sekitar 135 km (4-5 jam) dari Semarang dan 27 km dari Wonosobo. Untuk mencapai Desa Dieng Kulon dapat diakses melalui jalur Wonosobo ataupun Banjarnegara. Menyewa kendaraan pribadi adalah pilihan tepat, karena belum ada akses transportasi langsung dari kota-kota besar tersebut.

Destinasi


Sebagai desa wisata, Dieng kulon memiliki daftar destinasi wisata yang bisa dikunjungi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Komplek Candi Arjuna
  2. Candi Bima
  3. Candi Gatotkaca
  4. Candi Dwarawati
  5. Museum Kailasa
  6. Kawah Sikidang
  7. Padang savana
  8. Bukit Scooter Dieng
  9. Gangsiran Aswatama

Tempat menginap


Ada banyak penginapan yang ada di Desa Dieng Kulon, Anda bisa menemukan daftarnya di halaman Homestay Dieng. Harga homestay bervariasi mulai dari Rp250.000 per malam. Cara mencari penginapan sangat mudah, pada setiap jalan banyak ditemukan papan nama homestay jadi pengunjung bisa langsung check-in. Namun pada saat musim liburan yang padat lebih baik memesan terlebih dahulu, agar tidak kehabisan akomodasi saat tiba di Dieng.

Referensi


Page Tools