Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


carica-dieng

Carica Dieng

Carica merupakan salah satu tanaman endemik yang ada di dataran tinggi Dieng. Carica merupakan sejenis tanaman pepaya yang hidup dengan baik dan tumbuh subur di area pegunungan. Di Jawa Tengah, carica hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng pada ketinggian 1.500 hingga 2.565 meter di atas permukaan laut Mdpl.

Dulunya carica berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan yang dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda dan hanya bisa tumbuh dengan baik di Dieng karena musim, cuaca serta kelembapan udara Dieng hampir sama dengan dataran tinggi Andes. Di Meksiko buah yang mirip dengan carica dan memang masih satu spesies dinamakan buah Babaco. Buah Babaco memiliki ukuran yang lebih panjang dan memiliki tangkai, namun buah carica agak gemuk dan pendek. Dari segi rasanya pun hampir sama.

Pohon Carica

Carica termasuk kedalam tanaman perdu dan tidak memiliki kayu. Pohon carica seperti halnya pohon pepaya yang banyak kita kenal, namun pohon ini memiliki diameter batang yang lebih kecil. Dan yang lebih unik lagi batangnya memiliki cabang banyak sehingga pada saat panen akan menghasilkan banyak buah dalam 1 pohon.

Pohon carica rata-rata memiliki ketinggian 1,5 meter hingga 3 meter dan banyak ditanam di pematang ladang pertanian kentang. Bentuk daunnya juga sama dengan pepaya yaitu berdaun tunggal dan bertulang menjari1) tapi daun carica jarang dimanfaatkan warga untuk sayur seperti daun pepaya karena permukaannya bertekstur lebih kasar.

Rasa

Dalam 1 buah carica memiliki dua macam rasa yaitu rasa antara daging buah dan biji buahnya berbeda. Rasa daging buah sangat asam sehingga buah ini jarang dimakan begitu saja dan harus diolah terlebih dahulu menjadi manisan. Sedangkan bagian biji yang dibungkus oleh selaput putih memiliki rasa manis sedikit asam seperti buah sirsak dan aromanya sangat wangi seperti buah markisa.

Jika Anda penasaran rasa buah ini sebelum di olah menjadi oleh-oleh khas, pilihlah buah yang sudah matang yaitu berwarna kuning, kemudian dikupas dan dicuci sampai bersih karena getah carica sangat gatal jika tersentuh bibir.

Bentuk

Pada umumnya buah pepaya memiliki ukuran yang besar. Tapi berbeda dengan buah carica, buah endemik Dieng ini memiliki ukuran yang kecil, bentuknya seperti belimbing. Buahnya tumbuh menempel di batang bagian atas mendekati daun.

Tekstur buahnya tidak lembek tapi cenderung kenyal. Warna buah sebelum masak hijau dan setelah masak berwarna kuning.

Budidaya

Carica mulai dibudidayakan secara serius oleh warga Dieng karena permintaan buah ini semakin tinggi. Hal ini tidak terlepas dari jumlah wisatawan yang datang ke Dieng terus mengalami peningkatan. Dulunya sebelum wisata maju, carica dipandang sebelah mata dan hanya ditanam di tepian sawah saja namun kini sudah budidayakan di lahan yang lebih luas.

Harga rata-rata buah carica mentah di pasaran adalah sekitar Rp 7.000-Rp10.000 per kilogram. Budidaya carica lebih menghasilkan karena tidak memerlukan obat-obatan khusus seperti tanaman kentang, karena tanaman ini jarang terkena hama seperti pepaya biasa. Umur dari buah carica juga sangat lama bisa bertahun-tahun dan tergantung oleh perawatannya juga.

Produk olahan

Selain bisa dimakan mentah, carica juga sudah diproduksi kedalam aneka jenis makananan dan minuman sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas dari Dieng. Inilah beberapa aneka produk olahan carica Dieng:

  1. Syrup carica
  2. Manisan carica
  3. Jus carica
  4. Keripik carica
  5. Selai carica

Manfaat

Buah carica kaya akan manfaat dengan kandungan yang dimilikinya. Berikut ini daftar kandungan dan manfaat buah carica yang perlu Anda ketahui:

KandunganManfaat
Tinggi seratMembantu pencernaan, mengatasi sulit buang air besar
Zat papainMenetralkan PH dan membunuh bakteri jahat dalam usus
Tinggi vitamin AUntuk kesehatan mata
Tinggi vitamin CMemangkal radikal bebas
B komplekMenghasilkan energi tambahan untuk kesehatan tubuh
Zat agrininMenghambat sel kanker

Resep manisan carica

Bahan-bahan:

1 kg buah carica

1/2 kg gula pasir

2 liter air

Cara membuat:

  1. Kupas bagian kulit carica
  2. Cuci hingga bersih
  3. Belah buah menjadi dua bagian
  4. Pisahkan daging buah dan bijinya
  5. Potong daging buah sesuai selera
  6. Kemudian rebus bagian selaput dan biji carica kedalam air hingga mendidih dan aromanya harum
  7. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut.
  8. Kemudian dididihkan kembali dan ditambahkan gula pasir2).
  9. Setelah gula larut masukkan daging buah carica dan langsung matikan kompor agar daging kenyal.
  10. Kemudian siap dihidangkan (lebih dingin lebih enak).

Keterangan

1)
Menjari 5-9 bagian
2)
Jika rasa manis kurang bisa ditambahkan lagi

Page Tools