Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


candi-gatotkaca

Table of Contents

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca merupakan salah satu Candi Dieng yang keberadaannya masih utuh. Candi ini berada di sebelah barat kelompok Candi Arjuna dan lebih tepatnya di seberang jalan museum Kailasa. Sebenarnya ada 7 candi di komplek ini yaitu Candi Setyaki, Candi Petruk, Candi Antareja, Candi Gareng, Candi Nakula, Candi Sadewa dan Candi Gatotkaca. Namun yang masih berbentuk Bangunan Candi adalah Gatotkaca dan Setyaki.

Dari segi bentuk, Candi Gatotkaca memiliki kemiripan dengan Candi Dwarawati yaitu bagian atapnya dibuat sama dengan tubuh candi yang sering disebut sebagai bangunan bertingkat. Namun ujung atap candi sudah tidak ada lagi jadi belum bisa diketahui bentuk aslinya. Di empat atap sisi candi juga terdapat relung yang biasanya berfungsi untuk meletakkan arca.

Candi ini memiliki sebuah pintu menghadap ke arah barat dengan batur atau pondasi tinggi sekitar 1 meter dan dilengkapi tangga masuk menuju pintu utama. Pada bagian dinding di tiga sisi yaitu sebelah utara, selatan dan timur terdapat relung bentuknya seperti penampil yang menjorok keluar sedikit.

Letak

Candi Gatotkaca terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Panduan

Untuk menuju ke Candi Gatotkaca bisa masuk melewati komplek Candi Arjuna. Pengunjung akan berjalan lumayan jauh dari ujung area tanah yang berbukit. Namun perjalanan tidak akan terasa melelahkan karena sepanjang perjalanan menuju Candi Arjuna sangat indah. Kanan kiri jalan dilindungi pohon cemara dan bunga terompet yang seringnyan bermekaran.

Candi Arjuna bisa juga dijangkau dari arah Telaga Warna dan Kawah Sikidang yaitu melewati jalan lingkar Dieng, dan berhenti area parkir Museum Kailasa. Tidak ada angkutan umum menuju ke Candi Gatotkaca jadi wisatawan harus menggunakan kendaraan sendiri atau berjalan kaki.

Tiket masuk

Masuk ke area Candi Gatotkaca tidak membayar untuk sementara waktu karena tidak ada tiket khusus candi ini namun ada biaya parkir kendaraan.

Ringkasan

Berikut ini sebuah ringkasan destinasi wisata Dieng Candi Gatotkaca Dieng.

Zona wisataZona 1
Kelompok candiKelompok Gatotkaca
BangunanMasih utuh setelah pemugaran
Tiket masukTidak ada
Transportasi umumOjek
Bentuk atapBangunan bertingkat
Jumlah candi1 buah
LokasiSebelah museum Kailasa
Pintu CandiMenghadap barat
Hiasan pintuKala dan makara
ArcaTidak ada
Tinggi batur1 meter
Dasar candiBujur sangkar

Page Tools