Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


candi-dwarawati

Table of Contents

Candi Dwarawati

Candi Dwarawati merupakan salah satu candi Dieng yang letaknya terpisah dari bangunan candi lainnya. Candi ini dibangun pada sebidang tanah yang posisinya lebih tinggi di area pertanian kentang yaitu lokasi tepatnya di ujung Desa Dieng Kulon.Candi Dwarawati memiliki bentuk catur muka dengan pintu masuk menjorok keluar dan dihiasi oleh ukiran kala. Candi Dwarawati memiliki muka menghadap ke arah terbenamnya matahari.

Untuk memasuki area Candi Dwarawati pengunjung akan melewati rumah-rumah penduduk, setibanya di ujung jalan terlihatlah satu bangunan candi yang masih utuh dikelilingi pagar pembatas besi di antara ladang pertanian kentang. Untuk mendekati Candi Dwarawati, pengunjung perlu menaiki beberapa anak tangga yang yang sudah dibangun secara permanen, diantara anak tangga tersebut terdapat beberapa pohon carica dan cabe Dieng menambah asyik perjalanan menuju ke atas.

Harga tiket

Sementara ini untuk memasuki kawasan Candi Dwarawati tidak dipungut biaya atau tanpa tiket masuk.

Letak

Lokasi Candi Dwarawati memang agak sulit ditemukan karena letaknya jauh dari jalan raya. Untuk memasuki area wisata ini pengunjung harus melewati beberapa rumah penduduk yang ada di Desa Dieng Kulon.

Arsitektur

Kelompok candiKelompok Dwarawati
Jumlah candi utuh1 buah
Denah dasarPersegi empat
Posisi pintu masukArah barat
Hiasan pintuPolos tanpa pahatan
Jumlah penampil3 buah (utara, selatan dan timur)
Relung candi4 buah
Hiasan relungukiran bunga
Bentuk atas candiBagian atas candi bertingkat
Relief kalaTidak ada
Tahun pembuatanAntara abad ke VII dan abad ke VIII

Page Tools