Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


candi-bima

Candi Bima

Candi Bima merupakan salah satu candi terbesar yang ada di kawasan Purbakala Dieng. Candi ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dengan candin yang ada di komplek Candi Arjuna. Candi Bima memiliki ukuran besar dan desain megah.

Ukurannya adalah 4,55 meter x 4,55 meter. Untuk sementara waktu candi Bima sebagai candi terbesar yang ada di Dieng.

Candi Bima letaknya memang terpisah dari kumpulan candi-candi Dieng lainnya yaitu berada di arah selatan di dekat pintu masuk Kawah Sikidang. Pintu masuk Candi Bima menghadap ke arah terbitnya matahari dan hanya ada satu bangunan candi di kawasan ini.

Candi Bima telah mengalami beberapa kali pemugaran atau renovasi karena terjadi kemiringan dan selesai pada tahun 2012 silam.

Arsitektur

Candi Bima diperkirakan dibangun sekitar abad ke sembilan masehi yaitu hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Borobudur. Makanya arsitektur dari candi ini berbeda dengan candi Dieng lainnya yaitu desainnya perpaduan antara Candi Hindu dan Candi Budha.

Bagian puncak candi berbentuk Padmasana (bunga teratai/lotus), di bagian pintu masuk terdapat juga ukiran kala dan bagian belakang terdapat makara berbentuk ular.

Di bagian luar candi juga terdapat patung kepala dan setengah badan atau dikenal sebagai Arca Kudhu. Namun arca ini kini disimpan di Museum Jakarta.

Pada dinding candi bagian dalam juga terdapat lubang berbentuk kotak, kemungkinan digunakan sebagai tempat meletakkan sesaji.

Pada langit-langit bagian atap dalam candi bentuknya bertingkat semakin ke atas semakin mengerucut seperti Piramida.

Daya tarik

  1. Lokasinya mudah ditemukan.
  2. Dibangun di lahan yang lebih tinggi jadi bisa menyaksikan pemandangan sekitar secara leluasa.
  3. Merupakan candi terbesar di Dieng.
  4. Bangunan candinya megah dan bagus sebagai spot foto.
  5. Udara sejuk dan teduh karena dikelilingi pohon cemara, puspa dan akasia.
  6. Tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.
  7. Nuansa damai.

Letak

Candi Bima terletak di Dusun Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Untuk lebih mudahnya candi ini berada dekat dengan gerbang masuk Kawah Sikidang.

Rute

Candi Bima bisa dijangkau dari arah Telaga Warna yaitu sesampainya di pertigaan belok ke kanan melalui kali tulis. Posisi candi ada di kiri jalan.

Kemudian bisa dijangkau juga dari arah Musium Kailasa yaitu melewati dusun Karangsari dan tibalah di Candi Bima yang berada di sebelah kiri sebelum gerbang masuk Kawah Sikidang.

Harga tiket

Saat ini belum ada penjaga tiket khusus masuk ke area Candi Bima tapi pengunjung akan dikenakan biaya parkir kendaraan.


Page Tools