Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


bukit-sidengkeng

Bukit Sidengkeng

sidengkeng.jpg Bukit Sidengkeng adalah salah satu tempat untuk melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon, lokasinya berada di samping area konservasi sumber daya alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon yaitu terletak di Desa Dieng Wetan Kabupaten Wonosobo.

Pernahkah Anda melihat foto Telaga Warna dan Telaga Pengilon berjejer dengan latar belakang Gunung Sindoro di belakangnya? dari puncak Bukit Sidengkeng Anda dapat mengabil foto tersebut dengan latar belakang Telaga Warna, Pengilon dan Gunung Sindoro.

Bukit Sidengkeng mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 2012, setelah pembangunan wana wisata petak 9 Dieng. Tempat wisata Dieng ini merupakan destinasi populer setelah Sunirse Sikunir dan Batu Ratapan Angin.

Selain melihat telaga dari ketinggian, dari Bukit Sidengkeng pengunjung dapat melihat Gunung Prau yang terletak disebelah timur.

Letak

Saat Anda menyusuri jalan utama dari Dieng menuju arah Telaga Warna lihatlah ke samping kiri jalan. Ada gapura kecil tepat di tepi jalan raya bertuliskan Wana Wisata Petak 9. Dari gapura itulah tempat untuk mendaki Bukit Sidengkeng.

Transportasi umum

Ambil mikro bus jurusan Wonosobo - Batur, kemudian turun di pertigaan Dieng. Dari pertigaan Dieng Anda dapat jalan kaki kurang lebih 1 Km sampai petak 9. Anda juga bisa memanfaatkan jasa ojek yang ada di pos pertigaan Dieng.

Gambar pilihan

Bukit Sidengkeng Dieng (Keterangan: Gambar Telaga Warna dan Telaga Pengilon, diambil dari puncak Bukit Sidengkeng)

Rute pendakian

Rute pendakian Bukit Sidengkeng Dieng dari Wana wisata petak 9. Anda akan menyusuri jalan setapak menaiki bukit ini di antaran pepohonan akasia. Waktu yang di habiskan untuk mendaki bukit dengan ketinggian kurang lebih 200 meter ini sekitar 20 menit untuk pendaki pemula.

Tips untuk pengunjung

  1. Lakukan pendakian ke Bukit Sidengkeng saat pagi hari sekitar jam 07.00-10.000, saat pagi hari pemandangan di Bukit sangat indah.
  2. Bawa perbelakan secukupnya, misalnya: air mineral dan snack.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak alam.
  4. Lama pendakian sampai puncak sekitar 20-30 menit perjalanan, cocok untuk pendaki pemula.
  5. Jika Anda ingin mengadakan camping di Sidengkeng, pastikan melakukan izin terlebih dahulu ke pengelola wisata setempat.

Htm Bukit Sidengkeng

Wisatawan domestik Asing
Rp3.000 Rp20.000

Page Tools