Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


batu-ratapan-angin

Table of Contents

Batu Ratapan Angin

Batu ratapan angin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Batu Pandang adalah destinasi wisata unggulan yang ada di Dieng. Hampir semua wisatawan yang berada di Dieng mengunjungi tempat wisata ini.

Batu Ratapan Angin merupakan sebuah tempat dimana pengunjung bisa menyaksikan dua buah telaga cantik yang dikelilingi perbukitan yaitu Telaga Warna dan Pengilon.

Areanya juga cukup luas dan menyenangkan karena berada diantara ladang - ladang pertanian. Untuk menjangkau tempat ini pengunjung harus berjalan menanjak melewati tanah yang berbukit namun sudah dibuat anak tangga.

Ditempat ini banyak terdapat tempat untuk berfoto, ada juga wahana permainan seperti flying fox dan jembatan merah putih

Lokasi

Batu Ratapan Angin berlokasi di area ladang pertanian kentang yaitu di jalan Theater, Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo. Tempat wisata ini berada tepat di atas area Telaga Warna dan Telaga Pengilon dan berdekatan juga dengan Dieng Plateau Theater.

Daya tarik

Daya tarik wisata Batu Pandang atau Batu Ratapan Angin ialah pengunjung bisa menyaksikan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari tempat yang lebih tinggi dengan latar belakang Gunung Prau.

Daya tarik lainnya yang bisa disaksikan di Batu Ratapan Angin adalah sebagai berikut:

  1. Menyaksikan matahari terbenam
  2. Menyaksikan para petani yang sedang bercocok tanam
  3. Sebagai wahana edukasi untuk mengenal tanaman endemik di Dieng seperti : Carica, cabe Dieng, kentang Dieng, kacang Dieng dan aneka macam sayur mayur lainnya.

Panduan

  1. Siap untuk treking ringan
  2. Menggunakan sepatu yang nyaman
  3. Memakai jaket
  4. Membawa alat dokumentasi
  5. Bekal minum yang cukup
  6. Tidak takut ketinggian

Harga tiket

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 10.000 / orang

Harga tiket masuk wisatawan asing Rp 30.000 / orang


Page Tools