Wikipedieng Wikipedieng

Ensiklopedia di Hyang

User Tools

Site Tools


arca-ganesha

Table of Contents

Arca Ganesha

Arca Ganesha Dieng merupakan salah satu temuan arca terbesar di Dieng, arca ini ditemukan pada Desember 2019 1) dengan motif bunga teratai 2) diketahui ukuran arca tersebut tinggi 140 cm dan lebar 120 cm 3), arca Ganesha ditemukan tidak utuh tanpa lengan dan kepala.

Penemuan arca tersebut mengingatkan data dalam buku The History of Java karya Sir Thomas Stamford Bingley Raffles, disebutkan terdapat lebih dari 400 4) situs atau candi yang ada di Dieng. 5). Diperkirakan temuan arca Ganesha berasal dari masa yang sama dengan Candi Dieng, yakni sekitar abad 7 dan abad 8 Masehi. 6)

Foto

arca_ganesha.jpg (pengangkatan arca ganesha, dari sebuah ladang, di Desa Dieng, Wonosobo.* /EVIYANTI/PR. Sumber foto: www.pikiran-rakyat.com)

Ciri-ciri

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arca adalah patung yang terutama dibuat dari batu yang dipahat menyerupai bentuk orang atau binatang 7), sedangkan Ciri-ciri arca Ganesha sebagai berikut: 8)

  1. Berkepala gajah
  2. Bertangan empat dengan salah satu tangannya memegang ekadanta (gadingnya sendiri yang patah)
  3. Tangan kiri memegang parasu (kapak perang)
  4. Kedua tangan lainya memegang padma (teratai merah) dan modaka (sweetmeats)
  5. Mempunyai trinetra (tiga mata)
  6. Upavitanya berupa ular
  7. Kepalanya merah seperti sindura
  8. Tubuhnya merah seperti kunkuma dan duduk di atas seekor tikus
  9. Terkadang digambarkan duduk di atas singa

Ringkasan

Arca Ganesha Dieng
Tinggi arca1,4 meter
Lebar1,2 meter
Lokasi penemuanLahan pertanian, Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo (Ditemukan warga bernama Widi seorang petani saat mencangkul lahannya)
Tanggal penemuan arca27 Desember 2019
Kondisi arcaTidak berlengan dan tanpa kepala
Motif dalam arcaMotif batik teratai
Proses pengangkatan arca Menggunakan katrol manual, balok kayu, kayu dan tali. Untuk mengevakuasi arca dibutuhkan waktu sekitar lima jam. Pengangkatan arca Ganesha melibatkan 30 orang personel, antara lain dari (BPCB Prambanan dan Dieng serta dibantu Koramil dan Polsek Kejajar) 9)

Referensi

1)
Kronologi penemuan: Arca Ganesha tersebut ditemukan oleh seorang petani bernama Widi saat sedang mencangkul lahannya : Jejak Mataram Kuno dalam Penemuan Arca Ganesha Tanpa Kepala di Dieng
4)
Menanggapi hal itu, Junawan mengatakan, “Kalau sampai ratusan, datanya belum akurat. Tapi kalau jumlahnya lebih dari yang ada dari sekarang sudah pasti. Beberapa juga sudah ada yang tergerus oleh pemanfaatan lahan.” Arca Ganesha Terbesar Ditemukan di Dieng, Jawa Tengah

Page Tools